DIAN SANTOSO, 17207163048 (2020) PERAN KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL HUDA NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (716kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (336kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (816kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (227kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung” ini ditulis oleh Dian Santoso, NIM. 17207163048, Pembimbing : Dr.H. Maduki, M.Ag. Kata Kunci : Peran Kepala Madrasah, Mutu Pendidikan Penelitian ini di latar belakangi oleh sebuah keadaan bahwa kepala madrasah dalam memimpin harus sesuai dengan peran dan tugasnya untuk meningkatkan kearah yang lebih baik melalui komponen pendidikan yaitu input, process, dan output. Apabila kepala madrasah dalam memimpin sudah sesuai dengan peran dan tugasnya, maka akan mudah dalam mengembangkan berbagai solusi untuk mengatasi persoalan di era modern. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa kepala madrasah sudah sesuai dengan peran dan tugasnya, sehingga kepala madrasah mampu mendayagunakan sumber daya yang ada di lembaga pendidikan dan tercipta mutu pendidikan yang lebih baik. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimanakah peran kepala madrasah sebagai manager untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung ? (2) Bagaimanakah peran kepala madrasah sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung ? (3) Bagaimanakah peran kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung ? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai manager untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai supervisor untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung, untuk mendeskripsikan peran kepala madrasah sebagai motivator untuk meningkatkan mutu pendidikan di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan penelitian studi kasus. Lokasi penelitian di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung. Adapun teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara mendalam, observasi partisipan dan diperkuat dengan dokumentasi. Pertama yaitu wawancara dilakukan untuk mengetahui lebih dalam peran kepala madrasah kepada kepala madrasah, waka kurikulum, waka kesiswaan, waka humas, waka sarpras, guru kelas dan kedua yaitu observasi partisipan dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana peran kepala madrasah saat di lapangan serta yang ketiga yaitu dokumentasi didukung dengan alat perekam suara, kamera, dan lain sebagainya untuk bisa mendapatkan data yang diperlukan. Analisis data dengan melaksanakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan temuan dengan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepala madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan sebagai : (1) manager di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung adalah kepala madrasah memiliki perencanaan program jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang, ; kepala madrasah memberikan arahan yang dinamis kepada setiap staf maupun yang lainnya sesuai dengan tupoksinya masing masing, ; kepala madrasah menjalin hubungan yang harmonis dengan pihak yang ada di dalam madrasah maupun dengan masyarakat, ; kepala madrasah memonitoring program-program yang sudah dilaksanakan dan selalu ada evaluasi untuk menjalankan program, ; penanaman sikap disiplin oleh kepala madrasah terhadap pendidik, tenaga kependidikan, dan siswa dengan cara memberikan contoh dalam kedisiplinan seperti datang tepat waktu, mematuhi peraturan madrasah. (2) supervisor di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung adalah kepala sekolah melakukan kunjungan kelas (classroom visition), ; kepala madrasah mengadakan pertemuan atau rapat dengan guru atau komite, ; kepala madrasah melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, ; kepala madrasah menerapkan jenis supervisi inservis training dengan mengirim guru untuk mengikuti sosialisasi, seminar atau workshop, dan lain sebagainya guna kegiatan tersebut untuk meningkatkan skill. (3) motivator di MTs Miftahul Huda Ngunut Tulungagung adalah kepala madrasah memberikan motivasi kepada setiap tenaga pendidik, tenaga kependidikan, maupun peserta didik, baik secara individu maupun saat ada acara besar seperti Harlah yang di dalamnya terdapat berbagai agenda, ; kepala madrasah memberikan riwerd ataupun punishment terhadap guru berupa penghargaan yang bersifat membangun kearah profesionalisme guru, dan punishment yang berupa peringatan atau teguran dari kepala madrasah.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | DIAN SANTOSO 17207163048 |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 03:18 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15888 |
Actions (login required)
View Item |