ASWANDI WAHYU WARDANA, 17205163198 (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA SDI BAYANUL AZHAR SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (325kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (269kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (416kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (524kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (580kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (193kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (231kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri terhadap Minat Belajar pada Pembelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Aswandi Wahyu Wardana, NIM. 17205163198, Pembimbing Dr. Sokip, M.Pd.I. Kata kunci : Strategi Pembelajaran Inkuiri, Minat Belajar, IPA Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya peserta didik yang kurang semangat dalam pembelajaran IPA khususnya materi perpindahan kalor. Seorang guru dituntut untuk dapat memiliki keterampilan yang memadai dalam memilih dan mengembangkan berbagai strategi pembelajaran. Dalam upaya meningkatkan minat belajar maka guru dapat menggunakan strategi pembelajaran inkuiri. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? (2) Seberapa besar pengaruh penerapan strategi pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung? Tujuan dari penelitian ini adalah (1 ) Untuk menjelaskan pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. (2) Untuk menjelaskan besar pengaruh strategi pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar siswa pada pembelajaran IPA SDI Bayanul Azhar Sumbergempol Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Metode yang digunakan yaitu angket/kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni V A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 22 dan V B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 20. Pengambilan data dilakukan dengan metode angket untuk mengetahui minat belajar peserta didik. Teknik analisi data menggunakan uji t. Dan perhitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1 ) ada pengaruh yang signifikan antara strategi pembelajaran inkuiri terhadap minat belajar peserta didik dengan nilai t hitung = 2,72 dan ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,68 sehingga nilai thitung> ttabel, (2) besarnya pengaruh strategi pembelajaran inkuiriterhadap minat belajar sebesar 79% yang mana presentase tersebut tergolong tinggi.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ASWANDI WAHYU WARDANA 17205163198 |
Date Deposited: | 03 Aug 2020 02:24 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:59 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15900 |
Actions (login required)
View Item |