STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG

MUTIA ZULFI MASFUF’AH, 17205153187 (2020) STRATEGI PEMBELAJARAN HEURISTIK DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (801kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (318kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (336kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Pembelajaran Heuristik dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Peserta Didik di MIN 7 Tulungagung” ditulis oleh Mutia Zulfi Masfuf’ah, NIM 17205153187, pembimbing oleh Dr. Fathul Mujib, M.Ag Kata Kunci: strategi pembelajaran heuristik, kesulitan belajar Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh strategi heuristik yang diterapkan oleh guru di MIN 7 Tulungagung untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Strategi heuristik ini dipilih karena dalam penerapannya lebih menekankan pada aktivitas peserta didik pada proses pembelajaran dalam mengembangkan proses berpikir secara kritis dan analitis untuk menemukan sendiri jawaban dari suatu permasalahan yang dipertanyakan. Sehingga diharapkan strategi heuristik ini dapat mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik. Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana kesulitan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung? 2) Bagaimana strategi pembelajaran heuristik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung? 3) Bagaimana efektivitas strategi pembelajaran heuristik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung? Penelitian ini dilakukan di MIN 7 Tulungagung menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, adapun jenisnya menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui metode wawancara, observasi dan juga dokumentasi. Dalam menganalisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan temuan menggunakan triangulasi data, adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Setelah penulis melakukan penelitian dengan menggunakan beberapa metode diatas, penulis memperoleh hasil penelitian mengenai strategi pembelajaran heuristik dalam mengatasi kesulitan belajar peserta didik di MIN 7 Tulungagung menunjukkan bahwa: 1) Kesulitan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas rendah dan kelas tinggi tidaklah sama, untuk peserta didik kelas rendah terutama kelas I kesulitan belajarnya berkaitan dengan kemampuan membaca dan menulis, sedangkan untuk peserta didik kelas tinggi kesulitan belajar yang dihadapi berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep materi pelajaran. 2) Strategi heuristik yang digunakan guru di MIN 7 Tulungagung untuk mengatasi kesulitan belajar pada peserta didik adalah strategi heuristik inquiry. Strategi ini dalam penerapannya pembelajaran berpusat pada peserta didik dan guru hanya sebagai fasilitator saja. Sehingga materi pelajaran yang dipelajari lebih membekas di ingatan peserta didik karena peserta didik sendiri yang mencari tahu jawaban dari suatu permasalahan yang dipertanyakan. 3) Efektivitas dari strategi pembelajaran heuristik yaitu antusiasnya peserta didik selama mengikuti proses pembelajaran dimana peserta didik saling berlomba dan bekerjasama dengan kelompoknya untuk menjadi yang pertama dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Selain itu efektivitas strategi heuristik juga dapat dilihat daripemahaman konsep materi pelajaran oleh peserta didik yakni waktu ditanya ulang dan disuruh untuk menjelaskan materi pelajaran yang telah dipelajari secara ringkas mereka bisa menjawabnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: MUTIA ZULFI MASFUF’AH 17205153187
Date Deposited: 03 Aug 2020 02:57
Last Modified: 06 May 2021 07:01
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/15904

Actions (login required)

View Item View Item