Hubungan Kreativitas Pengajuan Soal dengan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Garis dan Sudut pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2013/2014

Lailia, Kurniawati (2014) Hubungan Kreativitas Pengajuan Soal dengan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Garis dan Sudut pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 1 Boyolangu Tahun Pelajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 BAGIAN AWAL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 BAGIAN INTI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 BAGIAN AKHIR.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata Kunci: Hubungan, Kreativitas, Pengajuan Soal, Hasil Belajar, Garis dan Sudut Pengembangan kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika perlu di rancang sedemikian rupa sehingga berpotensi mengembangkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Dalam pembelajaran matematika, peserta didik di harapkan mampu menguasai konsep-konsep yang akan di pelajari mulai dari yang sederhana sampai yang lebih kompleks. Misalnya untuk mempelajari topik volume balok, maka peserta didik harus mempelajari rusuk/garis, titik sudut, sudut, bidang datar persegi dan persegi panjang, luas dan akhirnya volume balok. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah (1) Adakah hubungan kefasihan dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu? (2) Adakah hubungan fleksibilitas dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu? (3) Adakah hubungan kebaruan dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu? (4) Adakah hubungan kreativitas pengajuan soal dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu? Adapun tujuannya adalah (1) Mengetahui hubungan kefasihan dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu (2) Mengetahui hubungan fleksibilitas dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu (3) Mengetahui hubungan kebaruan dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu (4) Mengetahui hubungan kreativitas pengajuan soal dengan hasil belajar matematika peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan termasuk dalam penelitian pendidikan, penelitian lapangan dan penelitian korelasi. Dengan populasi penelitian sebanyak 380 peserta didik dan sampel penelitian kelas VII-H dan VII-I dengan jumlah 61 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah chi-square sebagai uji hipotesis. Dari tabel chi square untuk kefasihan, pada kolom Asymp. Sig. menunjukkan angka 0,493. Hal ini berarti Asymp. Sig. (0,493) ˃ α (0,05) maka H0 di terima. Jadi dapat di simpulkan tidak ada hubungan kefasihan dengan hasil belajar matematika materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2013/2014. Dari tabel chi square untuk fleksibilitas, pada kolom Asymp. Sig. menunjukkan angka 0,097. Hal ini berarti Asymp. Sig. (0,097) ˃ α (0,05) maka H0 di terima. Jadi dapat di simpulkan tidak ada hubungan fleksibilitas dengan hasil xiv belajar matematika materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2013/2014. Dari tabel chi square untuk kebaruan, pada kolom Asymp. Sig. menunjukkan angka 0,008. Hal ini berarti Asymp. Sig. (0,008) ˂ α (0,05) maka H0 di tolak. Jadi dapat di simpulkan ada hubungan kebaruan dengan hasil belajar matematika materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan crosstabulation untuk kreativitas pembuatan soal dan hasil belajar diketahui bahwa tingkat sangat kreatif di dominasi oleh peserta didik dengan hasil belajar sedang dengan persentase sebesar 53,3 % dari persentase sangat kreatif. Tingkat kreatif di dominasi oleh peserta didik dengan hasil belajar sedang dengan persentase sebesar 60 % dari persentase kreatif. Tingkat cukup kreatif di dominasi oleh peserta didik dengan hasil belajar rendah dengan persentase sebesar 100 % dari persentase cukup kreatif. Tingkat kurang kreatif di dominasi oleh peserta didik dengan hasil belajar rendah dengan persentase sebesar 50 % dari persentase kurang kreatif. Tingkat tidak kreatif di dominasi oleh peserta didik dengan hasil belajar sedang dengan persentase sebesar 50 % dari persentase tidak kreatif. Dari tabel chi square diketahui bahwa Asymp. Sig. (0,121) ˃ α (0,05) maka H0 di terima. Jadi dapat di ambil kesimpulan bahwa tidak ada hubungan kreativitas Pengajuan soal dengan prestasi belajar matematika materi pokok garis dan sudut pada peserta didik kelas VII SMPN 1 Boyolangu tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 May 2015 07:21
Last Modified: 25 May 2015 07:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1594

Actions (login required)

View Item View Item