Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014

Ida, Nurrohim (2014) Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (297kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (550kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (380kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (187kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (981kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RUJUKAN.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://repo.iain-tulungagung.ac.id

Abstract

Kata kunci: Pendekatan matematika realistik, hasil belajar siswa, mata pelajaran Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa hal, salah satunya adalah kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi-materi yang disampaikan guru. Kondisi tersebut disebabkan karena: (1) Perbedaan karakteristik peserta didik dalam kelas yang bermacam-macam, (2) Model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran kurang bervariasi, (3) Pemanfaatan media pembelajaran yang digunakan oleh guru kurang bervariasi. Oleh karena itu, hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika khususnya di MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung termasuk dalam kategori masih rendah. Untuk mengatasi hal tersebut, upaya yang dilakukan oleh peneliti adalah mengakrabkan matematika dengan lingkungan anak, serta menggunakan pendekatan dalam pembelajaran yang tepat untuk menanamkan konsep pecahan dan menjadikan matematika sebagai pelajaran yang menyenangkan, yaitu dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada sub bab penjumlahan bilangan pecahan. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan pada peserta didik kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Matematika materi pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada peserta didik kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014? Adapun tujuan penelitian ini adalah: (1) Menjelaskan penerapan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada mata pelajaran Matematika materi pecahan pada peserta didik kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014, (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika materi pecahan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik pada peserta didik kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2013/2014. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Proses pelaksanaan tindakan kelas meliputi: (1) Menyusun perencanaan (planning), (2) Melaksanakan tindakan (acting), (3) Pengamatan (observing), (4) Refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 27 siswa. Instrumen yang digunakan peneliti adalah tes hasil belajar, lembar pengamatan xvii aktifitas siswa, lembar pengamatan kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu (1) Reduksi data, (2) Penyajian data dan (3) Menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan datanya dilakukan dengan : (1) Ketekunan pengamatan, (2) Triangulasi dan (3) Pengecekan teman sejawat. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV B MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung pada materi pokok penjumlahan bilangan pecahan. Adapun langkah-langkah pembelajarannya sebagai berikut: Memahami konteks untuk memecahkan masalah, Penggunaan pemodelan materi dalam pemecahan masalah, Melaksanakan diskusi sebagai bentuk konstruksi siswa, Tanya jawab sebagai bentuk interaktivitas baik kepada siswa maupun guru, Mengaitkan konsep satu dengan yang lain serta menarik kesimpulan. Sedangkan untuk hasil belajar siswa mengalami peningkatan, hal ini dapat dilihat dari nilai soal tes tiap siklus. Rata-rata hasil tes awal 63,30 pada siklus 1 menjadi 68,80 dan pada siklus II naik menjadi 83,10. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 37,04%, pada siklus I 66,67% dan pada siklus II menjadi 88,89%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Endang Rifngati S.Sos
Date Deposited: 25 May 2015 07:29
Last Modified: 25 May 2015 07:29
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1596

Actions (login required)

View Item View Item