STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG

NUR AYU WAHYU NINGSIH, 17201163043 (2020) STRATEGI GURU SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MA UNGGULAN BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (980kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (352kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (220kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (183kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Ayu Wahyu Ningsih, NIM. 17201163043, pembimbing Mirna Wahyu Agustina M.Psi Kata Kunci: Strategi Guru, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam Penelitian ini dilakukan di MA Unggulan Bandung Tulungagung, yang mana mardrasah tersebut berbasis pondok pesantren. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi siswa dalam belajar. terutama pada mata pelajaran SKI karena mereka beranggapan bahwa mata pelajaran tersebut sulit dan terlalu banyak cerita. Maka peneliti tertarik untuk meneliti Strategi Guru SKI Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung. Fokus penelitian ini adalah 1). Bagaimana strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? 2). Bagaimana hambatan strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung dan bagaimana solusinya? 3). Bagaimana hasil strategi guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam memotivasi belajar siswa di MA Unggulan Bandung Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data utama (primer) adalah guru SKI di MA Unggulan Bandung Tulungagung, siswa dan sumber data kedua (sekunder) adalah dokumen sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah : (1) Strategi Guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu menggunakan metode ceramah, diskusi, Tanya jawab, presentasi kerja kelompok, menggunakan media (gambar) yang sesuai dengan materi, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pengarahan dan penguatan, memberikan pujian, memberikan nilai, memberikan hukuman. (2) Hambatan strategi guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan solusinya yaitu kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran SKI untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang digunakan adalah menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran dan menggunakan media yang sesuai dengan materi, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, memberikan pengarahan dan penguatan, memberikan nilai, memberikan pujian. kurangnya minat baca siswa terhadap mata pelajaran SKI untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang digunakan adalah menggunakan beberapa metode dalam pembelajaran, dan menggunakan media yang sesuai dengan materi, dan menciptakan suasana belajar yang menyenangka., tidak adanya buku pegangan siswa untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang digunakan adalah dengan memfoto copykan buku guru dan mencari materi tambahan tentang materi yang akan disampaikan, kondisi kelas untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang digunakan adalah memberikan nasihat kepada siswa tersebut. dan kondisikeluarga, untuk mengatasi kendala tersebut solusi yang digunakan adalah memberikan himbauan kepada orang tua siswa untuk selalu memberikan perhatian dan pengawasan terhadap ana-anaknya saat berada di rumah. 3) Hasil dari strategi yang digunakan guru SKI di MA Unggulan Bandung yaitu Siswa menjadi lebih semangat dalam mengikuti proses pembelajaran, anak yang dulunya tidak suka dengan pelajaran SKI sekarang menjadi suka karena mereka beranggapan bahwa dengan pelajaran tersebut mereka menjadi mengerti tentang sejarah-sejarah masa lalu, anak yang biasanya tidur maupun ramai pada jam pelajaran berlangsung sekarang menjadi aktif dan selalu bersemangat mengikuti pelajaran sampai akhir, Aktif bertanya, prestasi mereka menjadi meningkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: NUR AYU WAHYU NINGSIH 17201163043
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:40
Last Modified: 06 May 2021 03:30
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16086

Actions (login required)

View Item View Item