PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK ASATIDZ DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH MAMBA’UL HIKAM BOTORAN TULUNGAGUNG

ITMA WARIDATUL QALIM, 2811133117 (2019) PERAN KOMPETENSI PEDAGOGIK ASATIDZ DALAM PEMBELAJARAN DI MADRASAH DINIYAH MAMBA’UL HIKAM BOTORAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (409kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (752kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (424kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Kompetensi Pedagogik Asatidz dalam Pembelajaran di Madrasah Diniyah Mamba’ul Hikam Botoran Tulungagung” ini ditulis oleh Itma Waridatul Qalim, NIM. 2811133117, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr. H. MUNARJI, M. Ag Kata Kunci : Kompetensi Pedagogik, Madrasah Diniyah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena dimana banyak wacana di masyarakat tentang bagaimana untuk menjadi guru yang memiliki kompetensi. Dalam hal ini Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung memiliki ciri khas yang membedakan dari madrasah diniyah lainnya, dimana Asatidz dan Asatidzah Madrasah Diniyah ini sudah menempuh menempuh perguruan tinggi bahkan ada yang sudah menyelesaikan S2. Dari beberapa kompetensi yang ada di madrasah ini, penulis akan membahas tentang kompetensi pedagogik yang didalamnya membahas tentang penguasaan kompetensi pedagogik Asatidz. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian ini. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam mengenal karakteristik peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung ? (2) Bagaimana peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam memahami dan mengembangkan potensi peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung ? (3) Bagaimana peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik bagi peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung ? Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan dengan menggunakan observasi , wawancara mendalam, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Dari hasil penelitian ini, peneliti mendapatkan kesimpulan bahwa, (1) Peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam mengenal karakteristik peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung sebagai berikut: (a). Asatidz berperan melakukan pengenalan lebih mendalam kepada santri berkaitan dengan kepribadian, kemampuan kognitif, juga bakat minat serta motivasi belajar di madrasah. (b). Peran Asatidz dalam mengenal karakteristik peserta didik yang dilakukan oleh Asatidz sebagai kegiatan awal dalam pembelajaran.(c). Informasi yang diterima Asatidz dalam mengenal karakteristik peserta didik akan menjadikan Asatidz lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran. (2) Peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam memahami dan mengembangkan potensi peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung antara lain sebagai berikut: (a). Asatidz berperan mencari informasi bahwa santri memiliki beragam potensi dan tidak sama satu dan lainnya. (b). Peran Asatidz dalam mengembangkan kompetensi kognitif santri dilakukan dengan selalu memberikan kesempatan bebas berpendapat bagi santri dalam proses pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan potensi santri dalam hal penyerapan materi, potensi bahasa saat penyampaian pendapat, dan lain sebagainya. (c). Peran Asatidz dalam mengembangkan potensi santri baik jasmani maupun rohani dilakukan dengan membentuk ekstrakulikuler di madrasah diantaranya ISMAM, sholawat Mamba‟ul Hikam, dan futsal. (d). Diadakannya kegiatan rutin tahunan yang berfungsi menyalurkan potensi-potensi santri baik jasmani ataupun rohani, yaitu dengan kegiatan lomba antar kelas yang mana lomba tersebut telah disesuaikan dengan tujuan pendidikan di madrasah. (3) Peran kompetensi pedagogik Asatidz dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik bagi peserta didik di Madrasah Diniyah Mamba‟ul Hikam Botoran Tulungagung sebagai berikut: (a). Peran Asatidz yaitu melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, karena proses dialogis antar sesama subjek pembelajaran akan melahirkan pemikiran kritis dan komunikatif, karena tanpa komunikasi tidak akan ada pendidikan sejati. (b). Asatidz berperan sebagai figur yang dijadikan teladan bagi santrinya, ucapan dan perilaku Asatidz menjadi contoh bagi siswa dalam melakukan hal-hal yang positif

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: ITMA WARIDATUL QALIM 2811133117
Date Deposited: 24 Aug 2020 04:30
Last Modified: 05 May 2021 06:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16148

Actions (login required)

View Item View Item