KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADITS DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG

AZIZA MILA PERTIWI, 17201163018 (2020) KREATIVITAS GURU AL-QURAN HADITS DALAM MEMANFAATKAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISWA KELAS VII DI MTSN 8 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (339kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (347kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (506kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (229kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung” ini ditulis oleh Aziza Mila Pertiwi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, NIM.17201163018, Pembimbing Dr.Hj.Ida Isnawati, M.Pd. Kata kunci: Kreativitas Guru, Media Pembelajaran Konteks penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena dan fakta bahwa melihat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini guru dituntut untuk kreatif dalam proses pembelajaran. Tetapi faktanya masih ada guru yang kurang bisa memanfaatkan media pembelajaran secara maksimal. Sehingga mengakibatkan siswa merasa kurang tertarik dalam proses pembelajaran yang disampaikan oleh guru. Untuk mencegah terjadinya hambatan itu guru harus kreatif dalam proses mengajar. Terlebih lagi guru mata pelajaran Al-Quran Hadits yang sangat penting dalam kehidupan umat Islam Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini yaitu (1). Bagaiman kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung?, (2) Bagaiman kreativitas guru Al Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung?, (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran visual dan audio visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi. Adapun ada pengecekan keabsahan temuan yang digunakan yaitu perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung yaitu: (a) Guru menggunakan berbagai variasi media pembelajaran dalam satu kali proses pembelajaran, (b) Guru mampu memilih media pembelajaran sesuai dengan materi yang akan diajarkan, (c) Guru mengunakan jenis media pembelajaran visual seperti papan tulis, gambar, slide, dan modul, (d) Guru mampu mempersiapakan alat media visual seperti laptop dan LCD proyektor, (2) Kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran audio visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung yaitu: (a) Guru menggunakan berbagai variasi dengan jenis media audio visual seperti vidio dan film, (b) Guru mampu mempersiapakan alat media audio visual seperti laptop, speaker aktif, paket data, dan LCD proyektor (c) Guru terkadang dalampembelajaran menggunakan handphone sebagai media pembelajaran seperti google forms. (3) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru Al-Quran Hadits dalam memanfaatkan media pembelajaran visual dan audio visual pada siswa kelas VII di MTSN 8 Tulungagung yaitu: (a) faktor pendukungnya antara lain: adanya sarana dan prasaran yang sudah memadai terutama LCD Proyektor di setiap kelas, adanya pelatihan bagi guru untuk meningkatkan kreativitas guru, adanya saran dan arahan bagi guru dari pihak sekolah dalam memanfaatkan medai pembelajaran, adanya penghargaan bagi guru yang memiliki kreativitas mengajar yang baik. (b) faktor penghambatnya antara lain: masalah yang ada pada diri guru itu sendiri, kurangnya kesadaran siswa, adanya kerusakan alat media

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AZIZA MILA PERTIWI 17201163018
Date Deposited: 25 Aug 2020 03:47
Last Modified: 06 May 2021 03:06
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16159

Actions (login required)

View Item View Item