17204163042, DEWI MASITOH (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI SPLDV DI MTsN 1 TULUNGAGUNG

DEWI MASITOH, 17204163042 (2020) 17204163042, DEWI MASITOH (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF PADA MATERI SPLDV DI MTsN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (391kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (165kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (581kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (465kB)
[img] Text
Bab 3.pdf

Download (299kB)
[img] Text
Bab 4.pdf

Download (736kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 6.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (296kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Reflektif dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif pada Materi SPLDV di MTsN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Dewi Masitoh, NIM. 17204163042, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program strata 1 Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S. Pd., M. Si. Kata Kunci: Berpikir Reflektif, Pemecahan Masalah, Gaya Kognitif, Reflektif – Impulsif. Fenomena sebagian besar siswa yang masih belum mampu menerapkan berpikir secara reflektif dalam memecahkan masalah matematika. Sebagian besar siswa juga tidal mampu menggunakan pengetahuan lamanya dalam menyelesaikan persoalan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Siswa masih kurang memahami penjumlahan, pengurangan, perkalian serta pembagian aljabar. Dengan fenomena yang ada di lapangan, peneliti ingin mengetahui kemampuan berpikir reflektif siswa yang ditinjau dari gaya kognitif yang dimiliki siswa. Berpikir reflektif adalah kemampuan siswa untuk dapat memecahkan masalah dengan pengetahuan yang sudah diperoleh sebelumnya sedangkan gaya kognitif adalah gaya berpikir siswa yang digunakan untuk menyeesaikan permasalahan yang dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif reflektif dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di MTsN 1 Tulungagung, 2) Untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif impulsif dalam memecahkan masalah matematika pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) di MTsN 1 Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif untuk mendapatkan data yang lebih mendetail dan rinci tentang tingkat kemampuan berpikir reflektif siswa ditinjau dari gaya kognitif. Subjek penelitian adalah 4 siswa kelas VIII-1 MTsN 1 Tulungagung dengan 2 kriteria gaya kognitif, yaitu reflektif dan impulsif dengan masing - masing kriteria adalah 2 siswa. Teknik pengumpulan data meggunakan tes MFFT (Matching Familiar Figure Test), soal tes pemecahan masalah, dan wawancara. Tekni kanalisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan langkah - langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa : 1) Kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif reflektif memenuhi semua indikator pada semua fase berpikir reflektif, diantaranya reacting,comparing ,dan contemplating. 2) Kemampuan berpikir reflektif siswa dengan gaya kognitif hanya mampu memenuhi fase reacting, dan belum mampu memenuhi indikator dalam fase comparing dan contemplating.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Skripsi Dewi Masitoh 17204163042
Date Deposited: 08 Sep 2020 01:24
Last Modified: 08 Sep 2020 01:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16160

Actions (login required)

View Item View Item