KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII-B MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR

EVI RETNO WAHYUNINGTYAS, 17204163106 (2020) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DALAM PENYELESAIAN MASALAH MATEMATIKA MATERI SPLDV SISWA KELAS VIII-B MTs AL MUSLIHUUN TLOGO KANIGORO BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (195kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa dalam Penyelesaian Masalah Matematika Materi SPLDV Siswa Kelas VIII-B MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar” ini ditulis oleh Evi Retno Wahyuningtyas, NIM. 17204163106, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika Institut Agama Islam Negeri Tulungagung dibimbing oleh Bapak Beni Asyhar, S.Si., M.Pd. Kata Kunci : Berpikir Kritis, Penyelesaian Masalah. Fenomena di lapangan menunjukkan fenomena pembelajaran matematika yang menganut paradigma transfer of knowledge yang hanya berjalan satu arah. Siswa tidak diberikan kesempatan untuk aktif dalam proses pembelajaran. Sehingga siswa tidak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya. Tujuan dari adanya penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-B MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dengan tingkat akademik tinggi dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan materi SPLDV, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-B MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dengan tingkat akademik sedang dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan materi SPLDV, dan (3) untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII-B MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dengan tingkat akademik rendah dalam memecahkan masalah matematika yang berkaitan dengan materi SPLDV. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes tulis, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di kelas VIII-B MTs Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar dan memilih 6 subjek dengan rincian 2 subjek memiliki kemampuan akademik tinggi, 2 subjek memiliki kemampuan akademik sedang, dan 2 subjek memiliki kemampuan akademik rendah. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyejian data, dan penerikan kesimpulan. Hasil temuan berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa (1) siswa yang memiliki kemampuan akademik tinggi memiliki kemampuan berpikir kritis yang tinggi pula yaitu berada pada tingkat 4 (TKBK 4), (2) siswa dengan kemampuan akademik sedang juga memiliki kemampuan berpikir kritis lumayan tinggi yaitu berada pada tingkat 4 (TKBK 4), dan (3) siswa dengan kemampuan akademik rendah memiliki tingkat berpikir kritis yang rendah sampai sedang yaitu berada pada tingkat 3 dan 2 (TKBK 2 dan TKBK 3).

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: EVI RETNO WAHYUNINGTYAS 17204163106
Date Deposited: 25 Aug 2020 06:18
Last Modified: 31 May 2021 04:26
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16167

Actions (login required)

View Item View Item