PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 8 KEDIRI

IDA AGUSTIANI NINGSIH, 17201163436 (2020) PENERAPAN ACTIVE LEARNING DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI MTsN 8 KEDIRI. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (332kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (666kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (207kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Daftar Rujukan.pdf

Download (107kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Active Learning Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 8 Kediri” ini ditulis oleh Ida Agustiani Ningsih, NIM. 17201163436, yang dibimbing oleh Dr. Kutbudin Aibak, S.Ag., M.HI., NIP. 197707242003121006. Kata kunci: Active Learning, Pembelajaran Fiqih. Penelitian ini dilatar belakangi dengan bagaimana supaya dalam kelas, peserta didik mampu lebih aktif dengan model pembelajaran aktif melalui metode tipe True Or False, tipe Guided Teaching dan tipe The Power of Two dalam pembelajaran fiqih. Kajiannya dilatar belakangi oleh pembelajaran sekarang ini yang pada utamanya bersifat monoton dan menjenuhkan. Dengan pembelajaran yang aktif, peserta didik akan merasa bahwa dirinya mampu menyampaikan pendapatnya, aktif bertanya dengan tujuan agar peserta didik mampu berfikir kritis, mandiri, dan mengembangkan hasil pemikirannya dengan cara yang efesien untuk menyalurkan pemikirannya. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan active learning tipe true or false dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri?, (2) Bagaimana penerapan active learning tipe guided teaching dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri? dan (3) Bagaimana penerapan active learning tipe the power oftwo dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri?. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan penerapan active learning tipe true or false dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri, (2) Untuk mendeskripsikan penerapan active learning tipe guided teaching dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri dan (3) Untuk mendeskripsikan penerapan active learning tipe the power oftwo dalam pembelajaran fiqih di MTsN 8 Kediri. Rancangan penelitian: pendekatan kualitatif, jenis penelitian deskriptif; lokasi penelitian: MTsN 8 Kediri; sumber data: data primer dan data sekunder; teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan; teknik analisis data: reduksi data, penyajian data, kesimpulan/verifikasi; pengecekan keabsahan data: perpanang pengamatan, ketekunan pengamatan, triangulasi, pemeriksaan teman sejawat. Hasil penelitian: (1) Penerapan Active Learning Tipe True Or False Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 8 Kediri. Pada penerapan active learning tipe true or false ini dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian dalam penerapan active learning tipe true or false peserta didik antusias untuk menjawab pernyataan benar atau salah yang di berikan pendidik dan untuk melatih mengungkapkan pendapatnya peserta didik di depan kelas. (2) Penerapan Active Learning Tipe Guided Teaching Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 8 Kediri. Untuk menggugah semangat peserta didik agar kegiatan pembelajarn di kelas dapat berjalan dengan baik, pendidik di MTsN 8 Kediri biasanya ataubahkan sering memberikan rangsangan kepada peserta didiknya dengan mengajukan sebuah pertanyaan yang sifatnya mudah difahami oleh peserta didik, agar peserta didik itu lebih fokus terhadap materi yang akan disampaikan oleh pendidik, pertanyaan-pertanyaan itu sebagai rangsangan agar peserta didik mau berfikir dan bisa sambung dengan materi yang akan dibahas.Pertanyaan yang diberikan pendidik kepada peserta didik itu, untuk mengukur seberapa jauh pemahaman peserta didik tentang materi tersebut, sehingga nanti akan dapat diukur seberapa jauh pemahaman peserta didik antara sebelum pendidik menjelaskan materi tersebut dengan sesudahnya. Dan (3) Penerapan Active Learning Tipe The Power of Two Dalam Pembelajaran Fiqih Di MTsN 8 Kediri. Peserta didik merasa sangat senang dalam mengikuti pembelajaran yang dilaksanakan dengan menggunakan active learning tipe the power oftwo. Peserta didik dituntut untuk memecahkan permasalahan dengan cara mendiskusikan dengan pasangannya. Dan dengan cara itu peserta didik bisa untuk bertukar pendapat danmenghargai pendapat pasangan kelompoknya. Karena dalam pembelajaran tipe iniuntuk mendorong pembelajaran kooperatif peserta didik, karena pemikiran dari dua kepala lebih baik dari pada satu kepala.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ida Agustiani Ningsih 17201163436
Date Deposited: 01 Sep 2020 03:09
Last Modified: 31 May 2021 07:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16204

Actions (login required)

View Item View Item