PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG

NUR AZIZAH, 17204163142 (2020) PENALARAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MA’ARIF TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (10kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (124kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penalara Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Kemampuan Matematika di MTs. AL-MA’ARIF Tulugagung” ini ditulis oleh Nur Azizah, NIM. 17204163142, Jurusan Tadris Matematika, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung yang dibimbing oleh Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata kunci: Penalaran, Kemampuan Matematika, SPLDV Pendidikan begitu penting dalam kehidupan manusia, begitu juga dengan pelajaran matematika. Dalam pembelajaran matematika, siswa dituntut untuk memahami konsep maupun cara memecahkan masalah. Dalam kehidupan sehari hari, kemampuan untuk bernalar sangat berguna dalam menyelesaikan masalah. Kemampuan penalaran dapat secara langsung meningkatkan hasil belajar siswa, karena dengan penalaran yang rendah dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami konsep dari matematika. Guna mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa di antaranya adalah guru memacu siswa agar mampu berpikir logis dengan memberikan soal-soal penerapan sesuai dengan kehidupan sehari-hari yang kemudian diubah dalam bentuk matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran siswa dengan kemampuan matematika tinggi dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel, untuk mendeskripsikan penalaran siswa dengan kemampuan matematika sedang dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel, dan untuk mendeskripsikan penalaran siswa dengan kemampuan matematika rendah dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel Berdasarkan tujuan dari penelitian ini, peneliti menggunakan jenis penelitian deskripstif. Dimana penelitian ini ditujukkan untuk mendeskrispsikan suatu keadaan yang sesuai dengan fenomena yang ada. Penelitian ini dilakukan di MTs. AL-MA’ARIF Tulunagagung yang diikuti oleh seluruh siswa kelas VIII-D yang berjumlah 35 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian akan dipilih 6 siswa yang digolongkan berdasarkan kemampuan matematika. Tahap selanjutnya yaitu analisis data yang dilakukan melalui tahap reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, Siswa dengan kemampuan penalaran matematika tinggi mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Siswa dapat dikatakan memiliki penalaran matematis tinggi apabila dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel mampu memenuhi semua indikator penalaran matematis, yaitu membuat analogi (perbedaan PLDV dan SPLDV), memberikan penjelasan dengan model, menggunakan pola untuk menganalisis situasi matematika, dan menarik kesimpulan. Siswa dengan kemampuan penalaran matematika sedang mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Siswa dapat dikatakan memiliki penalaran matematis sedang apabila dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel mampu memenuhi 3 dari 4 indikator penalaran matematis. Siswa dengan kemampuan penalaran matematika rendah belum mampu menyelesaikan soal tes dengan baik. Siswa dapat dikatakan memiliki penalaran matematis rendah apabila dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel mampu memenuhi 2 dari 4 indikator penalaran matematis.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: NUR AZIZAH 17204163142
Date Deposited: 31 Aug 2020 01:33
Last Modified: 31 May 2021 04:07
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16220

Actions (login required)

View Item View Item