ULIL ALFINA MAWADDATI, 17207163031 (2020) MANAJEMEN KOMUNIKASI KEPALA MADRASAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI KINERJA GURU DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 2 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (501kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (417kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (11MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (8MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (4MB) | Preview |
|
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi Dengan Judul “Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung” yang ditulis oleh Ulil Alfina Mawaddati, NIM.17207163031, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, di bimbing oleh Bapak Dr. H. Masduki, M.Ag. Kata Kunci: Komunikasi, Kepala Madrasah, Motivasi, Kinerja Guru Penelitian ini membahas tentang Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Kepala madrasah sebagai pemimpin suatu lembaga madrasah memiliki peran penting terhadap kinerja para guru. Yaitu ia harus mampu menjalin hubungan komunikasi yang baik serta memberikan motivasi sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja guru, kepala madrasah juga harus dapat mengelola sumber daya manusia yang dimiliki dengan efektif dan efesien agar produktivitas kerja meningkat sehingga dalam perwujudan visi, misi dan tujuan lembaga dapat terlaksana dengan baik. Fokus penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana Perencanaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung?. (2) Bagaimana proses pengelolaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung?. (3) Bagaimana proses pelaksanaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung?. Skripsi ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung (2) Untuk mendeskripsikan proses pengelolaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung (3) Untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru di MAN 2 Tulungagung. Penelitian ini merupakan penelitian deskripsi kualitatif, dengan mengambil latar Manajemen Komunikasi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Motivasi Kinerja Guru Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Tulungagung. Sumber data yang di ambil dari kepala madrasah, serta beberapa guru MAN 2 Tulungagung. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/Verifikasi. Pengecekan keabsahan data meliputi credibility (derajat kepercayaan), transferability (keteralihan), dependability (kebergantungan), confirmability (kepastian). xvii Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) bentuk komunikasi yang baik yang terjalin antara kepala madrasah dengan guru sehingga dapat menyatukan pemahaman visi, misi madrasah sehingga dapat mewujudkan tujuan madrasah yangdiinginkan. (2) terdapat pemberian motivasi yang diberikan kepada guru untuk memberikan semangat dalam melakukan dan menyelesaikan tugas dan tanggungjawab mereka, serta pemberian reward juga menjadi salah satu upaya dari kepala madrasah sebagai penghargaan bagi guru yang memiliki prestasi kerja, serta pemberlakuan adanya punishment kepada guru juga merupakan bentuk motivasi kepada guru. (3) penerapan gaya kepemimpinan kharismatik serta sifat teladan yang dilakukan oleh kepala madrasah menjadi contoh yang baik serta menjadi motivasi tersendiri bagi guru dan siswa siswi madrasah aliyah negeri 2 tulungagung. Selain penerapan punishment dan reward yang diberikan untuk guru, sebagai upaya lain yang dilakukan kepala madrasah untuk meningkatkan motivasi kinerja guru yakni dengan mengadakan workshop, sosialisasi, maupun seminar untuk guru sehingga dapat menambah kemampuan dan keterampilan mereka.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Manajemen > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | ULIL ALFINA MAWADDATI 17207163031 |
Date Deposited: | 10 Sep 2020 03:29 |
Last Modified: | 02 Jun 2021 03:04 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16230 |
Actions (login required)
View Item |