RIKATU ROHMAH, 17205163613 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V MIN 2 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (550kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (176kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) |
||
Text
BAB I.pdf Download (326kB) |
||
Text
BAB II.pdf Download (349kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (287kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (656kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (168kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Minat Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V MIN 2 Blitar” ini ditulis oleh Rikatu Rohmah, NIM. 17205163163, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Saiful Bahri, S.Ag, M.Pd.I. Kata kunci: Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Minat, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh sebuah fenomena bahwa pada pendidikan zaman sekarang siswa kurang aktif dalam pembelajaran, siswa terkadang bermain dengan teman ketika guru menjelaskan materi. Dalam pembelajaran hendaknya guru mampu memberikan suasana yang menyenangkan agar siswa bisa lebih memahami materi yang disampaikan, sehingga minat belajar siswa dapat tumbuh dan mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar? 2) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa siswa kelas V MIN 2 Blitar? 3) Adakah pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar, 2) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar, 3) untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis penelitiannya Quasy Experimen. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh data tentang minat belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa kelas V MIN 2 Blitar. Pengolahan data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji validasi, uji t dan uji MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan 1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji t untuk minat belajar IPA diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,003. Karena signifikansi < 0,05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar dengan minat belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. 2) Ada pengaruh yang postif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan hitungan uji t untuk hasil belajar IPA diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,001. Karena signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. 3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar. Hal ini berdasarkan perhitungan uji MANOVA untuk minat dan hasil belajar IPA siswa diperoleh Sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Karena signifikansi <0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antar model pembelajaran Reciprocal Teaching dengan minat dan hasil belajar IPA siswa kelas V MIN 2 Blitar.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | RIKATU ROHMAH 17205163163 |
Date Deposited: | 02 Sep 2020 02:37 |
Last Modified: | 07 May 2021 03:30 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16291 |
Actions (login required)
View Item |