PENGARUH PENERAPAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 1 TRENGGALEK

YOGA AYUNIA HUSNA, 17201163270 (2020) PENGARUH PENERAPAN APLIKASI EDMODO TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI IPA MATA PELAJARAN SKI DI MAN 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (384kB)
[img] Text
ASTRAK.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (103kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (347kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (94kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penerapan Aplikasi Edmodo terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPA Mata Pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek”, ini ditulis oleh Yoga Ayunia Husna, NIM 17201163270. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Germino Wahyu Broto, M.Si, NIP. 19800301201403100. Kata Kunci: Aplikasi Edmodo, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Perkembangan teknologi menciptakan banyak kemajuan di berbagai bidang, salah satunya dalam bidang pendidikan. Pembelajaran yang mengembangkan adanya teknologi sering disebut dengan E-learning. Model pembelajaran ini menjadi sebuah inovasi pembelajaran yang memanfaatan teknologi dalam pelaksanaan pembelajaran sebagai upaya dalam pengembangan pendidikan. Maka dari itu peneliti menggunakan media edmodo untuk membuat pembelajaran semakin menarik dan peserta didik dapat mudah memahami dan diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk Untuk menjelaskan pegaruh penerapan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA pada mata Pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek, (2) Untuk Untuk menjelaskan pegaruh penerapan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA pada mata Pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimental design (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Trenggalek yang berjumlah 418 peserta didik. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik Cluster Random Sampling, dengan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 6 sebagai kelas kontrol. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah (1) Skala Pengukuran, (2) Tes, (3) Dokumetasi. Instrumen penelitian berupa Skala Pengukuran untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Instrumen soal sebelum digunakan untuk memperoleh data yang objektif, maka terlebih dahulu dilakukan pengujian validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji t, dilanjutkan dengan N-Gain Score dan Effect Size yang sebelumnya diuji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan aplikasi edmodo terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI IPA mata pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek. Berdasarkan perhitungan skala pengukuran motivasi yang telah dilakukan, diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yakni 10,924 > 1,99773 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung oleh nilai perhitungan N-Gain score 83,9280 atau 84% yang masuk dalam kriteria interpretasi tinggi, dan nilai effect size d=2,65 yang juga dalam kriteria interpretasi sangat efektif. (2) Terdapat pengaruh yang signifikan penerapan aplikasi edmodo terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI IPA mata pelajaran SKI di MAN 1 Trenggalek. Berdasarkan perhitungan hasil belajar yang telah dilakukan diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yakni 4,771 > 1,99773 dengan sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini juga didukung oleh nilai perhitungan N-Gain score 82,6320 atau 83%, termasuk dalam kriteria interpretasi tinggi, dan nilai effect size d=1,158 termasuk dalam kriteria memiliki efektifitas tinggi.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: YOGA AYUNIA HUSNA 17201163270
Date Deposited: 02 Sep 2020 03:42
Last Modified: 07 May 2021 02:57
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16292

Actions (login required)

View Item View Item