PEMBELAJARAN BAHASA KROMO INGGIL ANAK MELALUI METODE USWAH HASANAH DI PAUD PERMATA PURWOREJO NGUNUT TULUNGAGUNG

UMI MUWAKHIDATUN MASFUFAH, 17206163074 (2020) PEMBELAJARAN BAHASA KROMO INGGIL ANAK MELALUI METODE USWAH HASANAH DI PAUD PERMATA PURWOREJO NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (766kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (304kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (631kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (259kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (652kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Masfufah, Umi Muwakhidatun. 17206163074. 2020 “Pembelajaran Bahasa Kromo Inggil Anak Melalui Metode Uswah Hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung“ Jurusan Pendidikan Anak usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I Kata Kunci : Pembelajaran, Bahasa Kromo Inggil, Metode Uswah Hasanah Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi bahwa siswa membutuhkan metode yang sesuai dengan tumbuh kembang dan sesuai dengan minatnya. Sesuai dengan karakteristik anak usia dini yang cenderung meniru perilaku orang tua atau urunya maka pemberian contoh yang baik dianggap cocok untuk membantu guru dalam mengajarkan bahasa Jawa. Sehingga peneliti tertarik untuk meneliti tentang pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung? Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Data deskriptif adalah data yang diperolah berupa kata-kata yang kemudian berusaha dideskripsikan dan diinterprestasikan. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara terstruktur, observasi partisipan dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan prosedur reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti diantaranya yaitu: 1) Perencanaan pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung yaitu menyusun prota, promes, RPPM, RPPH. Selanjutnya guru menyiapkan materi yang akan diajarkan, menyiapkan media pembelajaran yang akan di pakai, mengkondisikan siswa ketika pembiasaan, apel pagi dan sebelum pelajaran dimulai. Sedangkan siswa menyiapkan alat pembelajaran dan hafalan bahasa kromo inggil. 2) Pelaksanaan pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung yaitu: Sebelum pembelajaran dimulai murid-murid dibiasakan untuk tanya jawab dengan bahasa kromo inggil. Apel pagi dilaksanakan pukul 08.00 WIB dengan menyanyi, dsb diselingi berhitung dengan bahasa kromo inggil. Selanjutnya diawal pembelajaran dilakukan dengan guru mengucapkan salam, tanya jawab materi pelajaran diselingi dengan bahasa kromo inggil. Pelaksanaan pembelajaran bahasa kromo inggil juga dilakukan dengan pembiasaan mengucapkan bahasa kromo inggil yang sopan setiap bertemu dengan teman-teman dan guru-guru, ini berlaku didalam lingkungan sekolah maupun diluar lingkungan sekolah. Pembelajaran bahasa kromo inggil sangat berkesan bagi orang tua siswa karena, karena anak-anak sekarang ini kan sudah banyak yang tidak mengerti bahasa kromo inggil. 3) Evaluasi pembelajaran bahasa kromo inggil anak melalui metode uswah hasanah di PAUD Permata Purworejo Ngunut Tulungagung dilakukan dengan prinsip menyeluruh, berkesinambungan, objektif, mendidik, dan bermakna baik bagi guru, orang tua, anak didik maupun pihak lain yang memerlukan. Pelaksanaan evaluasi dengan menggunakan pengamatan dimana guru melakukan pengamatan terhadap perkembangan bahasa kromo inggil dan sopan santun anak yang dilakukan dengan mengamati tingkah laku anak dalam kehidupan sehari-hari terutama di lingkungan sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: UMI MUWAKHIDATUN MASFUFAH 17206163074
Date Deposited: 07 Sep 2020 03:18
Last Modified: 02 Jun 2021 02:58
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16306

Actions (login required)

View Item View Item