RISKI MEKARSARI, 17402163018 (2020) STRATEGI PENGEMBANGAN PASAR RAKYAT NGEMPLAK KABUPATEN TULUNGAGUNG OLEH UNIT PELAKSANA TEKNIS DINAS (UPTD) PASAR DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN PASAR MODERN. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (464kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (519kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (683kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (606kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (544kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (229kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (416kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya isu tentang persaingan antara pasar rakyat dengan pasar modern yang memojokkan pasar rakyat. Sehingga dilakukannya pengembangan pasar rakyat berupa revitalisasi pasar, akan tetapi revitalisasi pada Pasar Rakyat Ngemplak ini belum dilakukan secara keseluruhan. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mendeskripsikan potensi Pasar Rakyat Ngemplak dalam meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar, pengaruh adanya pasar atau toko modern bagi perekonomian pedagang Pasar Rakyat Ngemplak dan strategi Pasar Rakyat Ngemplak agar tetap eksis dalam menghadapi persaingan pasar atau toko modern. Pendekatan penelitian menggunakan kualitatif dengan jenis data penelitian deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif yakni mulai reduksi data, penyajian data, hingga menarik kesimpulan/verifikasi. Adapun hasil penelitian ini, yakni Pasar Rakyat Ngemplak memiliki potensi dalam mensejahterakan masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan kelengkapan semua kebutuhan rumah tangga dan luasnya lahan, ramainya pengunjung serta jam operasional yang 24 jam memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar dan tentunya meningkatkan pendapatan daerah. Adanya pasar rakyat dan pasar modern bertujuan untuk melengkapi kebutuhan masyarakat yang beranekaragam dan disesuaikan dengan budget serta selera yang konsumen miliki. Menurut para pedagang di Pasar Rakyat Ngemplak, pasar modern bukanlah menjadi faktor utama penurunan pangsa pasar. Revitalisasi sebagai bentuk pengembangan pasar yang dilakukan di pasar ini belum sepenuhnya bisa menghapus kesan buruk yang sebelumnya ada pada pasar rakyat. Manajemen di pasar ini juga kurang berjalan dengan baik. Kata Kunci : Pasar Rakyat, Pasar Modern, Strategi, Pengembangan, Revitalisasi
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Ekonomi > Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | RISKI MEKARSARI 17402163018 |
Date Deposited: | 03 Sep 2020 02:55 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 02:44 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16312 |
Actions (login required)
View Item |