PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP PGRI GARUM

W. HANIFAH, 17201153075 (2019) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP PGRI GARUM. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (501kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (306kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (563kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (404kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Peserta Didik di SMP PGRI Garum” ini ditulis oleh W. Hanifah, NIM, 17201153075, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung, Pembimbing: Dr. Ahmad Tanzeh, M.Pd.I. Kata Kunci : Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Akhlak Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena tingkah laku peserta didik yang belakangan ini banyak yang tidak sesuai dengan moral dan etika bangsa serta ajaran-ajaran Islam. Hal ini dikarenakan kurangnya pembinaan akhlak yang menjadikan peserta didik mempunyai akhlak kurang baik, oleh karena itu perlu adanya peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik dan model untuk membina akhlak siswa., sehingga selain pemberian pembelajaran peserta didik dapat mencontoh guru terutama guru Pendidikan Agama Islam agar supaya peserta didk tidak hanya mengetahui materi tetapi realisasi dari materi tersebut. Dengan adanya peran guru Pendidikan Agama Islam ini diharapkan agar bisa meningkatkan akhlak dan potensi siswa itu dan dapat berkembang menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Allah SWT. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana program guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP PGRI Garum? (2) Bagaimana proses guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP PGRI Garum? (3) Bagaimana evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik di SMP PGRI Garum? Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Pada penelitian ini teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk mengecek keabsahan data dengan perpanjang keikutsertaan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian : (1) program guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik adalah kreatifitas guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak siswa, penggunaan Kurikulum 2013 sebagai acuan dalam membina akhlak siswa, keikutsertaan wali murid untuk ikut berpartisipasi dalam pembinaan akhlak siswa (2) proses guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik adalah guru Pendidikan Agama Islam sebagai pendidik, guru Pendidikan Agama Islam sebagai model (3) evaluasi guru Pendidikan Agama Islam dalam membina akhlak peserta didik adalah penilaian yang dilakukan didalam kelas meliputi penilaian jurnal dan penilaian guru, penilaian yang dilakukan diluar kelas melalui pengamatan langsung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: W. HANIFAH 17201153075
Date Deposited: 07 Sep 2020 01:51
Last Modified: 03 May 2021 04:33
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16315

Actions (login required)

View Item View Item