ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN BAHASA TIDAK BAKU PADA TEKS BERITA KARYA SISWA KELAS VIII-A SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG

RONA MESITA, 17210163013 (2020) ANALISIS KESALAHAN PEMAKAIAN BAHASA TIDAK BAKU PADA TEKS BERITA KARYA SISWA KELAS VIII-A SMPN 2 KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (384kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Tidak Baku pada Teks Berita Karya Siswa Kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung” ini ditulis oleh Rona Mesita, NIM. 17210163013, dengan dibimbing oleh Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I. Kata Kunci: Anaisis Kesalahan, Pemakaian Bahasa Tidak Baku, Teks Berita Teks berita karya siswa merupakan salah satu hasil dari pembelajaran keterampilan menulis. Dalam materi teks berita khususnya pada kaidah kebahasaan terdapat bahasa baku. Dalam penulisannya siswa masih sering mengabaikan pemakaian bahasa baku tersebut. Untuk itu, diperlukan bimbingan dan arahan dari pihak yang terkait terutama guru bahasa Indonesia agar karya tulis siswa berupa teks berita menjadi benar dalam pemakaian bahas baku. Terkait dengan hal tersebut, peneliti menganalisis kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) bagaimana kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung, (2) bagaiamana kelengkapan unsur-unsur teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN2 Kalidawir Tulungagung dan (3) bagaimana penyebab kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Sesuai fokus penelitian tujuan penelitian pada skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung, (2) mendeskripsikan kelengkapan unsur-unsur teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN2 Kalidawir Tulungagung, dan (3) mendeskripsikan penyebab kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa kelas VIII-A SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bertempat di SMPN 2 Kalidawir Tulungagung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk mengamati langsung proses pembelajaran di dalam kelas ketika pembelajaran menulis teks berita. Sedangkan dokumentasi digunakan untuk memperoleh hasil karya siswa serta foto. Dari hasil dokumentasi tersebut dapat dijadikan dokumen dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan dengan teknik pengumpulan data, mengolah data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Uji kredibilitas dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini sesuai dengan fokus penelitian, yaitu (1) kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa diperoleh sebanyak 66, terdiri atas 24 kesalahan menuliskan kata atau kesalahan menggunakan tanda baca, 12 terbatasnya jumlah unsur bahasa daerah, baik leksikal maupun gramatikal, 3 penyederhanaan gabungan huruf konsonan ks menjadi k, 2 penghilangan huruf vokal e, 2 penggantian huruf vokal dengan huruf konsonan, 11 ungkapan yang bersih dari hiperkorek, 4 penggantian huruf konsonan v dengan p, 5 penggantian huruf konsonan v dengan f, 1 penggantian huruf vokal i dengan huruf vokal e, 1 penggantian huruf konsonan p dengan f, 1 penggantian huruf vokal e dengan huruf vokal a, (2) Kelengkapan unsur-unsur teks berita karya siswa diperoleh sebanyak 24 karya siswa, terdiri atas 11 karya siswa lengkap menggunkan unsur-unsur 5W+1H, 6 karya siswa yang tidak lengkap tanpa ada unsur kapan, 3 karya siswa yang tidak lengkap tanpa ada unsur bagaiamana, dan 4 karya siswa yang tidak lengkap tanpa ada unsur mengapa, dan (3) Penyebab kesalahan pemakaian bahasa tidak baku pada teks berita karya siswa terdapat beberapa penyebab yaitu, siswa merasa sulit dalam membedakan bahasa baku dan tidak baku, siswa tidak meneliti kembali hasil tulisannya, siswa tidak memiliki Kamus Besar Bahasa Indonesia, dan siswa cenderung pasif dalam bertanya.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: ANALISIS K RONA MESITA 17210163013
Date Deposited: 03 Sep 2020 06:24
Last Modified: 02 Jun 2021 03:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16329

Actions (login required)

View Item View Item