PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG

FAHMAWATI, ANA NUR (2015) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV MI AL ISHLAH TIUDAN GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (931kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2 fixs.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 fiks.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1 fixs.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 5 fiks.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 4 fiks.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN AKHIR 2.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Ana Nur Fahmawati, NIM. 3217113006, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Ibu Musrikah, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Matematika Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Tiudan Gondang yang mempunyai kesulitan dalam belajar Matematika khususnya pada materi pengurangan bilangan bulat. Dalam mempelajari materi tersebut guru hanya menuliskan materi di papan tulis dan siswa tidak dilibatkan secara aktif. Metode yang digunakan adalah penugasan, juga tidak didukung adanya media pembelajaran. Menyikapi permasalahan tersebut, penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu alternatif yang dapat dipakai adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), dalam mata pelajaran Matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung dengan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas karena masalah yang dipecahkan berasal dari praktik pembelajaran di kelas sebagai upaya meningkatkan hasil belajar siswa. Adapun teknik pengumpulan datanya mengunakan tes, wawancara, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi.Tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar siswa. Sedangkan metode observasi, wawancara dan catatan lapangan digunakan untuk menggali data tentang proses pembelajaran Matematika, respon siswa, keadaan siswa dan peneliti. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai yaitu nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 70. Setelah peneliti mengadakan penelitian dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI), hasil penelitian menunjukkan bahwa telah terjadi peningkatan hasil belajar Matematika materi pengurangan bilangan bulat. Hal ini dapat dilihat dari hasil evaluasi yang diberikan oleh peneliti yaitu pada tes awal (pre test) nilai rata-rata siswa 50,93 dengan prosentase ketuntasan 31,03%, dilanjutkan siklus I nilai rata-rata siswa hanya mencapai 69,44 dengan prosentase ketuntasan 72,41% dan pada waktu siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 83,82 dengan prosentase ketuntasan 89,65%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Al Ishlah Tiudan Gondang Tulungagung.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: ANA NUR FAHMAWATI
Date Deposited: 01 Jul 2015 03:38
Last Modified: 01 Jul 2015 03:38
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1635

Actions (login required)

View Item View Item