Rofiah, Ana (2015) PENERAPAN METODE KARYA WISATA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS III B SDN KANIGORO 03 BLITAR. [ Skripsi ]
|
Text
BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (373kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (187kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN SKRIPSI.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode karya wisata untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III B SDN Kanigoro 03 Blitar” ini ditulis oleh Ana Rofiah, NIM. 3217113007, pembimbing Dr. Abdul Aziz, M.Pd.I. Kata Kunci: Penerapan Karya Wisata, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi siswa saat pembelajaran dikelas kurang aktif bertanya, dikelas III B mayoritas pemalu. Selain itu kurangnya motivasi seperti banyak anak yang belajarnya kurang, kadang tidak mengerjakan PR, ada yang terlambat, dikelas kadang siswa melamun, dan ketika ada evaluasi seperti mengerjakan LKS ada juga yang menyontek. Hal seperti itu yang biasanya terjadi, dan akhirnya mempengaruhi hasil belajar. Rumusan Masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode karya wisata pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli siswa kelas III B di SDN Kanigoro 03 Blitar? (2) Bagaimana peningkatkan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode karya wisata pada mata pelajaran IPS pokok bahasan jual beli siswa kelas III B di SDN Kanigoro 03 Blitar? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III B SDN Kanigoro 03 Blitar sebagai bahan koleksi dan referensi supaya dapat digunakan sebagai sumber belajar atau bacaan buat mahasiswa lainnya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes yang meliputi pengamatan (observasi), wawancara (interview), catatan lapangan, serta dokumetasi.Subyek penelitiannya adalah siswa kelas III B SDN Kanigoro 03 Kabupaten Blitar, dan analisis datanya adalah menggunakan gabungan dari kuantitatif dan kualitatif kemudian disajikan secara deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini ada dua yaitu: sumber data primer dan sekunder. Dimana sumber data primer berupa wawancara kepada siswa kelas III B dan sumber data sekunder berupa hasil belajar, tempat/lokasi, dokumentasi/arsip. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Sebelum diberi tindakan diperoleh nilai rata-rata pre test siswa kelas III B SDN Kanigoro 03 Blitar dengan taraf keberhasilan hasil pre test mencapai nilai < 77 sebanyak 22 siswa (73,33%) dan ≥77 sebanyak 8 siswa (22,6%) dengan nilai rata-rata kelas 68,5. Pada post test siklus I nilai rata-rata kelas 73,86 siswa yang mendapat nilai ≥77 sebanyak 15 siswa (50%), dan < 77 sebanyak 15 siswa (50%). Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata 88,7 siswa yang mendapat nilai ≥77 sebanyak 27 siswa (90%) dan < 77 sebanyak 3 siswa (10%). Dengan demikian pada rata-rata hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II, yaitu 14,84 begitu pula pada ketuntasan belajar IPS terjadi peningkatan sebesar 40% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil nilai pos test II siswa terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa, ini terbukti dengan meningkatnya hasil belajar siswa. Dengan demikian pembelajaran ips melalui penggunaan metode karya wisata terbukti mampu membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ANA ROFIAH |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 03:39 |
Last Modified: | 01 Jul 2015 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1637 |
Actions (login required)
View Item |