TIPE COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

CHOLIFAH, SITINUR (2015) TIPE COMPLETE SENTENCE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKN) SISWA KELAS V MIN TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
1-SAMPUL.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2-PERSETUJUAN.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3-PENGESAHAN.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4-MOTTO.pdf

Download (201kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5-PERSEMBAHAN.pdf

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6-KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB) | Preview
[img] Text
7-DAFTAR ISI.pdf

Download (50kB)
[img]
Preview
Text
8-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9-ABSTRAK.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (278kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (952kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (219kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual Tipe Complete Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Siswa Kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh, Siti Nur Cholifah NIM. 3217113096, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H. JANI, MM, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Kontekstual, Complete Sentence. Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan disekolah yang hasil belajar siswa masih relatif rendah. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan tersebut melalui model pembelajaran kontekstual tipe complete sentence, Penggunaan model pembelajran Kontekstual tipe complete sentence dalam proses belajar mengajar diharap dapat membantu pemahaman siswa dalam belajar Pendidikan Kewarganegaraan, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana langkah-langkah penerapan model pembelajaran kontekstual tipe Complete Sentence pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan bagi siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. 2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Menghargai Keputusan Bersama melalui penerapan model pembelajaran kontekstual tipe Complete Sentence bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015?. Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan langkah-langkah penerapan model pembelajaran kontekstual tipe Complete Sentence hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Menghargai Keputusan Bersama bagi siswa kelas V MIN Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. 2) Untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan materi Menghargai Keputusan Bersama melalui penerapan model pembelajaran kontekstual tipe Complete Sentence bagi siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung tahun ajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimum 75. Langkah-langkah model pembelajaran complete sentence yaitu: Guru menyampaikan kompetensi yang lain dicapai. Guru menyampaikan materi secukupnya atau siswa disuruh membacakan buku atau modul dengan waktu secukupnya. Guru membentuk kelompok 2 atau 3 orang secara hiterogen. Guru membagikan lembar kerja burapa paragraf yang kalimatnya belum lengkap. Siswa berdiskusi untuk melengkapi kalimat dengan kunci jawaban yang tersedia. Siswa berdiskusi secara berkelompok. Setelah jawaban didiskusikan, jawaban yang salah diperbaiki, tiap peserta membaca sampai mengerti atau hafal. Kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran complete sentence dapat meningkatkan hasil belajar pada materi menghargai keputusan bersama siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tunggangri Kalidawir Tulungagung Tahun Ajaran 2014/2015. Dari hasil analisis data diketahui bahwa rata-rata hasil pre test 51,51 pada siklus I menjadi 74,81 dan siklus II naik menjadi 86,66. Tingkat ketuntasan belajar juga meningkat dari 14,81 %, pada siklus I menjadi 66,66 % dan pada siklus II naik menjadi 85,18 %.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: SITI NUR CHOLIFAH
Date Deposited: 07 Sep 2015 03:35
Last Modified: 07 Sep 2015 03:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item