PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG

DEWI AMINARTI, 17206163026 (2020) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENTRA DALAM MENGEMBANGKAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA KELOMPOK B DI TK AL KHODIJAH KEDUNGSOKO TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (872kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (714kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (309kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (540kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (234kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (11kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Model Pembelajaran Sentra dalam Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini pada Kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung”, ditulis oleh Dewi Aminarti, NIM 17206163026 yang dibimbing oleh Bapak Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kata Kunci : Model Pembelajaran Sentra, Pengembangan Kognitif Penelitian ini dilatarbelakangi oleh model pembelajaran dalam mengembangkan kognitif anak. Karena kemampuan kognitif merupakan aspek penting dari perkembangan anak yang berkaitan langsung dengan proses pembelajaran dan menentukan keberhasilan anak-anak di sekolah. Sedangkan banyak lembaga yang masih menggunakan pembelajaran yang monoton sehingga pengetahuan yang di dapat anak hanya sekedarnya. Model pembelajaran sentra diterapkan dengan metode bermain sambil belajar. Sehingga anak mendapat kesempatan untuk bereksplorasi dan mendapat pengetahuan yang lebih luas. Maka dengan menerapkan model pembelajaran sentra, diharapkan dapat mengembangkan kognitif anak dengan baik. Fokus masalah dalam penulisan ini adalah : (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan belajar dan pemecahan masalah pada anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung ? (2) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis pada anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung ? (3) Bagaimana penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan berfikir simbolik pada anak kelompok B di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan belajar dan pemecahan masalah, mengembangkan kemampuan berfikir logis, mengembangkan kemampuan berfikir simbolik pada anak di TK Al Khodijah Kedungsoko Tulungagung. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif yang berusaha mendeskripsikan dan menginterprestasikan data yang ada. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti dapat disimpulkan, bahwa: Pertama, penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan belajar dan pemecahan masalah dengan memperhatikan perkembangan belajar setiap anak. Kedua, penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan berfikir logis dengan memberi kegiatan sentra yang berpusat pada anak dan menggunakan media yang konkrit. Ketiga, penerapan model pembelajaran sentra dalam mengembangkan kemampuan berfikir simbolik dengan mengoptimalkan setiap kegiatan menggunakan media yang kronkrit.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > PAUD
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Raudlatul atfal
Depositing User: 17206163026 DEWI AMINARTI
Date Deposited: 15 Sep 2020 03:49
Last Modified: 15 Sep 2020 03:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16438

Actions (login required)

View Item View Item