PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020

AHMAD ILHAM ZUHRI, 17201163382 (2020) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOMATIS AUDITORI VISUAL DAN INTELEKTUAL (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR FIKIH SISWA KELAS X MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Ilham Zuhri, NIM. 17201163382, 2020 dengan judul “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Somatis Auditori Visual dan Intelektual (SAVI) terhadap Hasil Belajar Fikih Siswa Kelas X MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun Ajaran 2019/2020” Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Ummu Sholihah, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Model pembelajaran SAVI, Hasil Belajar dan Fikih. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam pembelajaran fikih, siswa banyak yang tidak memperhatikan, ramai dalam kelas, bahkan tidur didalam kelas karena guru dalam pemilihan model pembelajaran yang kurang tepat sehingga siswa merasa jenuh saat proses pembelajaran. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu model pembelajaran yang membuat siswa aktif diantaranya adalah model pembelajaran SAVI. Model pembelajaran SAVI adalah model pembelajaran yang meggunakan seluruh panca indra dalam pembelajaran. Somatis belajar dengan berbuat, Auditori dengan mendengarkan, Visual belajar dengan mengamati dan menggambarkan dan Intelektual belajar dengan berfikir dalam memecahkan masalah. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar fikih siswa dengan model pembelajaran SAVI di kelas X IIS 2 MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun 2019-2020. 2) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar fikih siswa dengan metode konvensional di kelas X IIS 1 MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun 2019-2020. 3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa kelas X di MA Syekh Subakir Nglegok Blitar Tahun 2019-2020. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, jenis penelitian Quasy Eksperimen Design. Populasi yang digunakan sebanyak 108 siswa yangg terdiri dari kelas X MIA 1, X IIS 1 dan X IIS 2. Sampel penelitian sebanyak 73 siswa yang terdiri 36 siswa kelas eksperimen dan 37 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan teknik Simple Random Sampling pada kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diketahui 1) Pembelajaran dengan menggunakan model SAVI siswa memperoleh nilai rata-rata siswa 80,69. Pembelajaran dengan model ini siswa dalam proses pembelajaran bisa berperan aktif bersama kelompok sehingga dalam pembelajaran siswa menggunakan seluruh panca indra yaitu Somatis yang artinya belajar dengan bergerak, Auditori belajar dengan mendengar (mendengar pendapat siswa lain dan penjelasan guru, Visual belajar dengan mengamati materi, Intelektual belajar dengan menyelesaikan masalah dengan mengungkakan pendapat dalam pembelajaran. 2) Pembelajaran dengan menggunakan model konvensional siswa memperoleh nilai rata-rata siswa 77,19. Pembelajaran dengan model ini siswa dalam pembelajarannya hanya sedikit yang bisa memperhatikan sampai akhir, banyak siswa yang jenuh dan akhirnya siswa tidur saat pembelajaran berlangsung, ada yang minta ijin ke kamar mandi tetapi tidak kembali ke kelas dan ramai dalam kelas. Karena dalam pembelajaran guru hanya menjelaskan materi yang dipelajari tanpa melibatkan siswa yang aktif dalam kelasdalam pembelajaran. 3) Ada pengaruh yang signifikan pembelajaran model SAVI terhadap hasil belajar fikih siswa kelas X MA Syekh Syubakir Nglegok Blitar tahun Ajaran 2019/2020. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung = 2,100 dan ttabel =1697 sehingga 2,100 > 1,697 dan Sig. (2-tailed) = 0,040 < 0,05.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: AHMAD ILHAM ZUHRI 17201163382
Date Deposited: 11 Sep 2020 06:04
Last Modified: 11 Sep 2020 06:04
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16477

Actions (login required)

View Item View Item