ERNITRA VITRIANI, 17205163142 (2020) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN BONEKA TANGAN DAN MEDIA PEMBELAJARAN POP-UP BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK SISWA KELAS III DI MIN 7 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (680kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (689kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (836kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (973kB) |
||
|
Text
BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (196kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (420kB) | Preview |
Abstract
xvii ABSTRAK Skripsi ini dengan judul “Pengaruh Media Pembelajaran Boneka Tangan dan Media Pembelajaran Pop-Up Book terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III di MIN 7 Tulungagung”ini ditulis oleh Ernitra Vitriani NIM. 17205163142, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, dibimbing oleh Dr Adi Wijayanto M.Pd. Kata Kunci: Boneka Tangan, Pop-up Book, Hasil Belajar Rendahnya hasil belajar tematik siswa menjadi masalah yang solusinya harus segera ditemukan. Hal ini disebabkan karena kurang bervariasinya media pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas, sehingga siswa menjadi kurang aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah media pembelajaran boneka tangan dan media pembelajaran pop-up book. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran boneka tangan terhadap hasil belajar yang dicapai, dan apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran pop-up book terhadap hasil belajar siswa, demikian pula apakah ada pengaruh penggunaan media pembelajaran boneka tangan dan pop-up book terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik di MIN 7 Tulungagung Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen (quasi experiment), dengan populasi kelas III siswa MIN 7 Tulungagung, sebagai sampel diambil dari siswa kelas III-A sebanyak 27 anak dan III-B sebanyak 27 anak yang dibagi menjadi dua kelompok dengan menggunakan cluster random sampling dimana kelas III A menggunakan media pembelajaran boneka tangan sedangakan kelas III-B menggunakan media pembelajaran pop-up book. Variabel penelitian teridiri dari variabel bebas yakni boneka tangan dan pop-up book demikan pula variabel terikatnya yakni hasil belajar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa tes hasil belajar (pretest dan posttest). Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran boneka tangan dalam meningkatkan hasil belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05, dan Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji independent sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,01 < 0,05, demikian pula ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media pembelajaran boneka tangan dan pop-up book dalam meningkatkan hasil belajar siswa yakni dilihat dari hasil uji paired sample t-test Sig. (2-tailed) adalah 0,00 < 0,05. Dengan demikian media pembelajaran boneka tangan dan media pembelajaran pop-up book dapat dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif untuk mencapai hasil belajar yang maksimal untuk siswa MIN 7 Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163142 Ernitra Vitriani |
Date Deposited: | 15 Sep 2020 01:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2020 01:27 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16499 |
Actions (login required)
View Item |