PENGARUH SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX DI MADRASAH TSANAWIYAH 9 BLITAR

DWI RIYANTI SHOLIKAH, 17201163059 (2020) PENGARUH SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX DI MADRASAH TSANAWIYAH 9 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (910kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (476kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (387kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Shalat Dhuha Berjama’ah Dan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Peserta Didik Kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar”, ini di tulis oleh Dwi Riyanti Sholikah, NIM. 17201163059. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah,S.Ag.,M.Pd., NIP. 197211271997032001. Kata Kunci : Shalat Dhuha Berjama’ah, Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah dan membaca alQuran yang dilakukan untuk mengembangkan karakter keimanan peserta didik dan kesadaran untuk beribadah. Dalam pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah mereka cenderung tidak bersungguh-sungguh sehingga hanya menggugurkan absensi saja. Sedangkan kebiasaan membaca alQuran ini sifatnya harus ikut, karena dilaksanakan pada waktu pagi sebelum jam pertama pembelajaran. Sehingga sifatnya sedikit memaksa siswa, bukan dari kesadaran siswa sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh sholat dhuha berjamaah terdapat prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN. 9 Blitar? (2) Adakah Pengaruh membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN. 9 Blitar? (3) Adakah Pengaruh shalat dhuha berjama’ah dan membaca Al-Qur′an terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar ? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar 350. Jumlah sampel yaitu sebanyak 151 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda bantuan SPSS 23.0 for windows. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh shalat dhuha berjama’ah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (6,892 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%. (2) Ada pengaruh membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar, yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (5,631 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%. (3) Ada pengaruh shalat dhuha berjama’ah dan membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar, yang ditunjukan dengan variabel sholat dhuha thitung > ttabel (5,261 > 1,976), sedangkan variabel membaca alQuran X2 : t hitung > ttabel (4,090 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163059 DWI RIYANTI SHOLIKAH
Date Deposited: 25 Sep 2020 03:12
Last Modified: 25 Sep 2020 03:46
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16513

Actions (login required)

View Item View Item