DWI RIYANTI SHOLIKAH, 17201163059 (2020) PENGARUH SHALAT DHUHA BERJAMA’AH DAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST PESERTA DIDIK KELAS VIII DAN IX DI MADRASAH TSANAWIYAH 9 BLITAR. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (479kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (566kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (910kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (748kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (476kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (270kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Shalat Dhuha Berjama’ah Dan Membaca Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist Peserta Didik Kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar”, ini di tulis oleh Dwi Riyanti Sholikah, NIM. 17201163059. Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Dr. Hj. Elfi Mu’awanah,S.Ag.,M.Pd., NIP. 197211271997032001. Kata Kunci : Shalat Dhuha Berjama’ah, Membaca Al-Qur’an, Prestasi Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah dan membaca alQuran yang dilakukan untuk mengembangkan karakter keimanan peserta didik dan kesadaran untuk beribadah. Dalam pelaksanaan shalat dhuha berjama’ah mereka cenderung tidak bersungguh-sungguh sehingga hanya menggugurkan absensi saja. Sedangkan kebiasaan membaca alQuran ini sifatnya harus ikut, karena dilaksanakan pada waktu pagi sebelum jam pertama pembelajaran. Sehingga sifatnya sedikit memaksa siswa, bukan dari kesadaran siswa sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Adakah Pengaruh sholat dhuha berjamaah terdapat prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN. 9 Blitar? (2) Adakah Pengaruh membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN. 9 Blitar? (3) Adakah Pengaruh shalat dhuha berjama’ah dan membaca Al-Qur′an terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar ? Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitaif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar 350. Jumlah sampel yaitu sebanyak 151 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan proportionate stratified random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, instrumen angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi berganda bantuan SPSS 23.0 for windows. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh shalat dhuha berjama’ah terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (6,892 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%. (2) Ada pengaruh membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar, yang ditunjukkan dari thitung > ttabel (5,631 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%. (3) Ada pengaruh shalat dhuha berjama’ah dan membaca alQuran terhadap prestasi belajar mata pelajaran alQuran Hadist peserta didik kelas VIII dan IX di MTsN 9 Blitar, yang ditunjukan dengan variabel sholat dhuha thitung > ttabel (5,261 > 1,976), sedangkan variabel membaca alQuran X2 : t hitung > ttabel (4,090 > 1,976) dengan taraf signifikasi 5%.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163059 DWI RIYANTI SHOLIKAH |
Date Deposited: | 25 Sep 2020 03:12 |
Last Modified: | 25 Sep 2020 03:46 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16513 |
Actions (login required)
View Item |