ANALISIS MINAT MEMBACA TEKS BAHASA INDONESIA SISWA MTS DI KABUPATEN BLITAR

OKTA AYYUNA FU’ADINIAH, 17210163063 (2020) ANALISIS MINAT MEMBACA TEKS BAHASA INDONESIA SISWA MTS DI KABUPATEN BLITAR. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (410kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img] Text
BAB I.pdf

Download (137kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (136kB)
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (124kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Analisis Minat Membaca Teks Bahasa Indonesia Siswa MTs di Kabupaten Blitar” ini ditulis oleh Okta Ayyuna Fu’adiniah, NIM: 17210163063, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, pembimbing Dr. Erna Iftanti, S.S., M.Pd. Kata kunci: minat membaca, teks bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat membaca teks bahasa Indonesia siswa MTs di kabupaten Blitar. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya sebuah keinginan yang menginginkan penerus bangsa menjunjung budaya membaca. Hal tersebut bertujuan agar mereka memiliki wawasan yang luas di zaman modern ini, yang memerlukan kecepatan dan tanggap dalam menangkap segala informasi. Selain itu, diharapkan para penerus bangsa mampu memahami dan mempergunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Identifikasi masalah dalam penelitian ini adalah 1) kurangnya minat siswa MTs di kabupaten Blitar pada kegiatan membaca, 2) kurangnya kepedulian guru terhadap minat membaca siswa, 3) peranan sekolah dalam menyediakan sarana berupa bahan bacaan yang masih kurang mendukung untuk meningkatkan munculnya minat membaca dari seorang anak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana minat membaca teks berbahasa Indonesia siswa MTs di kabupaten Blitar. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini yakni siswa MTs di kabupaten Blitar. Sampel pada penelitian ini adalah siswa madrasah tsanawiyah yang ada di kabupaten Blitar. Untuk pengambilan sampel, minimal bisa diambil yakni 30% dari jumlah siswa. Misalkan siswa MTs di kabupaten Blitar berjumlah sebanyak 1000 siswa, maka diambil 30% yakni sebanyak 300 siswa yang bisa dipilih secara acak. Akan tetapi dikarenakan terdapat pandemi covid-19, maka data yang terkumpul belum dapat dinyatakan valid karena hanya terkumpul sejumlah 68 siswa. Teknik yang dilakukan untuk pengumpulan data pada penelitian ini yakni menggunakan angket dan wawancara. Data yang telah terkumpul dari hasil angket akan dilakukan proses pengolahan data. Untuk memperoleh data berupa angket, teknik yang peneliti gunakan untuk menganalisis data yakni dengan menggunakan frekuensi relatif. Faktor yang mempengaruhi kurangnya minat membaca siswa terhadap kegiatan membaca yakni karena munculnya rasa malas dari diri sendiri. Selain itu dorongan dan dukungan dari keluarga yang kurang juga dapat menghambat perkembangan minat membaca dari seorang siswa.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia
Depositing User: 17210163063 OKTA AYYUNA FU’ADINIAH
Date Deposited: 14 Sep 2020 07:09
Last Modified: 14 Sep 2020 07:09
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16516

Actions (login required)

View Item View Item