UMI FARIDA, 17210163060 (2020) ANALISIS KESALAHAN KEEFEKTIFAN KALIMAT PADA TEKS ULASAN PESERTA DIDIK KELAS VIII A2 DI MTSN 3 TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (193kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (294kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Download (199kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Download (196kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (262kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (93kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (90kB) |
Abstract
ABSTRAK Analisis Kesalahan “Keefektifan Kalimat” pada Teks Ulasan Peserta Didik Kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek Tahun Pelajaran 2019/2020 merupakan judul skripsi ini, ditulis oleh Umi Farida NIM 17210163060 dengan dibimbing oleh Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Analisis, Kesalahan “Kefektifan Kalimat”, Teks Ulasan. Kesalahan komunikasi di media sosial akhir-akhir ini menjadi fenomena yang populer, penyebabnya adalah penggunaan kalimat yang kurang efektif sehingga mengakibatkan orang lain keliru memahami maksud penulis. Pada pembelajaran di sekolah kesalahan keefektifan kalimat juga masih ditemukan dalam hasil tulisan peserta didik. Agar kesalahan berbahasa tidak semakin banyak maka penyebab kesalahan keefektifan kalimat harus dicari. Selain itu peserta didik dibiasakan untuk berbahasa yang efektif sehingga dampak kesalahan berbahasa dapat diminimalisir. Maka hal ini menjadi latar belakang pada penelitian ini. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) apa sajakah bentuk-bentuk kesalahan keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalan pada teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek?, (2) apa sajakah penyebab kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek?, dan (3) bagaimana dampak kesalahan keefektifan kalimat terhadap isi dan makna teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek? Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah (1) mendeskripsikan bentuk bentuk kesalahan keefektifan kalimat berdasarkan unsur kegramatikalan pada teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek, (2) mendeskripsikan penyebab kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek, dan (3) mendeskripsikan dampak kesalahan keefektifan kalimat terhadap isi dan makna teks ulasan peserta didik kelas VIII A2 di MTsN 3 Trenggalek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan wawancara. Dokumentasi berupa teks digunakan untuk memperoleh data kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik. Sedangkan wawancara digunakan untuk memperoleh data penyebab kesalahan keefektifan kalimat dan dampak kesalahan keefektifan kalimat terhadap isi dan makna teks ulasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 35 kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik yang terdiri atas 16 kesalahan pilihan kata, 4 kesalahan rincian kata, 5 kesalahan elipsis, 7 kesalahan subjek kalimat yang eksplisit, dan 3 kesalahan variasi kalimat. Peneliti menemukan beberapa penyebab kesalahan keefektifan kalimat pada teks ulasan peserta didik yaitu (1) penguasaan kaidah bahasa kurang memadai, (2) kurang terbiasa menulis kalimat secara efektif, dan (3) ketidaktelitian peserta didik. Dampak kesalahan keefektifan kalimat terhadap isi dan makna teks ulasan, yaitu (1) keambiguan isi dan makna dan (2) kebingungan dalam memahami isi dan makna.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Bahasa Indonesia |
Depositing User: | 17210163060 UMI FARIDA |
Date Deposited: | 14 Sep 2020 06:10 |
Last Modified: | 14 Sep 2020 06:10 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16518 |
Actions (login required)
View Item |