IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1-A MIN 11 BLITAR

SAFANATUL MASLUKI, 17205163138 (2020) IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU DI KELAS 1-A MIN 11 BLITAR. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (213kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (241kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (683kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (219kB) | Preview
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (38kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (165kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Implementasi Penilaian Autentik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas 1 -A MIN 11 Blitar” ini ditulis oleh Safanatul Masluki, NIM. 17205163138, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, pembimbing Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I. Kata kunci: Penilaian autentik, Pembelajaran tematik terpadu Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya Kurikulum 201 3 yang menekankan pada pendidikan karakter peserta didik. Dalam Kurikulum 201 3 beberapa mata pelajaran digabungkan menjadi pembelajaran tematik terpadu. kurikulum 2013 mengharuskan peserta didik dianggap sama, setiap peserta didik pasti memiliki kelebihan baik pada kompetensi pengetahuan, kompetensi sikap, maupun kompetensi keterampilan. Jadi guru harus menilai peserta didik tidak hanya dari hasil belajarnya namun juga manilai pada proses pembelajaran. Di kelas 1-A MIN 11 Blitar, guru telah melaksanakan penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu secara maksimal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu peserta didik yang aktif dalam setiap pembelajaran dan guru yang memiliki etos kerja tinggi. Namun pada kenyatannya masih banyak sekolah yang hanya menilai peserta didik dari kompetensi pengetahuannya saja. Maka dari itu penilaian autentik pada pembelajaran tematik terpadu perlu dikaji untuk memberi dorongan serta motivasi kepada sekolah-sekolah untuk melaksanakan penilaian autentik secara maksimal. Fokus penelitian dalam penelitian skripsi ini adalah (1) Bagaimana penilaian proyek pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar?. (2) Bagaimana penilaian unjuk kerja pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar?. (3) Bagaimana penilaian portofolio pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar?. Metode penelitian dalam skripsi ini bersifat deskriptif kualitatif berupa kata kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati. Tehnik pengumpulan data adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan.pengecekan keabsahan data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan atau keajegaan pengamatan, triangulasi dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi. Hasil penelitian ini dapat diuraikan sebagai berikut: (1) Penilaian proyek pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar dilaksanakan melalui observasi, jurnal, dan penugasan. Observasi dilakukan oleh guru untuk menilai proses pembelajaran dan penyelesaian tugas yang diberikan oleh guru kepada peserta didik baik secara mandiri maupun kelompok. Jurnal digunakan guru untuk menilai sikap peserta didik selama proses pembelajaran. Penilaian melalui jurnal dilakukan dengan mengamati sikap setiap peserta didik. Penugasan dilakukan guru untuk menilai hasil belajar peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.(2) Penilaian unjuk kerja pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar dilaksanakan melalui observasi, jurnal, dan penugasan. Observasi dilakukan guru untuk mengamati kinerja yang ditunjukkan oleh peserta didik. Jurnal digunakan guru untuk menilai setiap tingkap laku yang ditunjukkan oleh peserta didik selama proses pembelajaran maupun setelah pembelajaran. Penugasan dilakukan oleh guru untuk menilai hasil belajar peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar. (3( Penilaian portofolio pada pembelajaran tematik terpadu di kelas 1 -A MIN 11 Blitar dilaksanakan melaui pengumpulan produk produk peserta didik dan observasi. Pengumpulan produk digunakan guru untuk mengamati bahwa peserta didik telah menyelesaikan semua tugas yag diberikan oleh guru dalam satu semester. Observasi dilakukan oleh guru untuk mengamati perkembangan peserta didik melalui produk-produk yang telah dikumpulkan selama satu semester.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 172051631 38 SAFANATUL MASLUKI
Date Deposited: 15 Sep 2020 01:34
Last Modified: 15 Sep 2020 01:34
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16531

Actions (login required)

View Item View Item