ROSDIYA, ARINI SABILANA (2015) PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI MI TARBIYATUL ISLAMIYAH TENGGUR REJOTANGAN TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
Bagian Awal.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (61kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (144kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (291kB) | Preview |
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) |
||
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf Download (18kB) |
||
Text
29 PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf Download (14kB) |
||
|
Text
31 SURAT SELESAI BIMBINGAN.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Penerapan Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung” ini ditulis oleh Arini Sabilana Rosdiya, NIM. 3217113012, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dengan dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Purwowidodo, M.Pd. Kata Kunci: Metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), Hasil Belajar dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya kemampuan siswa dalam membaca secara cermat materi yang dipelajari. Selain itu, selama ini kegiatan pembelajaran masih mengedepankan komunikasi satu arah. Peran guru cenderung lebih aktif dibandingkan siswa. Akibatnya, siswa kurang bersemangat dan menyebabkan hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan permasalahan ini peneliti melakukan PTK dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Coposition (CIRC) untuk meningkatkan hasil belajar IPA pokok bahasan gaya dan gerak pada siswa kelas IV-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Tujuan: (1) untuk mendiskripsikan penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya dan gerak siswa kelas IV-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pokok bahasan gaya dan gerak siswa kelas IV-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung. Metode penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus dalam penelitian ini melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini yaitu apabila penguasaan materi siswa mencapai 75% dari tujuan yang ditentukan. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah meningkat. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang semakin membaik. Nilai rata-rata siswa pada tes formatif siklus I yaitu 79,41 dengan persentase ketuntasan belajar 70,58%. Kemudian nilai rata-rata siswa pada siklus II meningkat menjadi 88,94 dengan persentase ketuntasan belajar 100%. Data tersebut membuktikan, bahwa penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa kelas IV-B MI Tarbiyatul Islamiyah Tenggur Rejotangan Tulungagung.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | ARINI SABILANA ROSDIYA |
Date Deposited: | 01 Jul 2015 03:39 |
Last Modified: | 01 Jul 2015 03:39 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1659 |
Actions (login required)
View Item |