ZAHROTUL FIRDAUS, 17205163019 (2020) KREATIVITAS GURU DALAM MENINGKATKAN MUTU PEMBELAJARAN TEMATIK BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCES DI SDI BAYANUL AZHAR BENDILJATI KULON SUMBERGEMPOL TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (920kB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (356kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (503kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (512kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (275kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Download (402kB) |
||
Text
BAB V.pdf Download (269kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Download (122kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Tematik Berbasis Multiple Intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung” ini ditulis oleh Zahrotul Firdaus, NIM. 17205163019, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dibimbing oleh Suwanto, M.S.I. Kata Kunci: Kreativitas Guru, Pembelajaran Tematik, Multiple Intelligences. Latar belakang penelitian ini didasari oleh sebuah pernyataan Howard Gardner bahwa tidak ada anak yang bodoh, melainkan yang ada adalah anak yang menonjol dalam satu atau beberapa jenis kecerdasan. Penerapan kurikulum 2013 memiliki implikasi pada jenjang Sekolah Dasar atau Madrasah Ibtidaiyah yakni penggunaan pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik merupakan salah satu model pembelajaran yang menghargai cara belajar sesuai dengan kecerdasan siswa. Oleh karena itu kreativitas guru sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar agar potensi siswa dapat berkembang dengan baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi (1) Bagaimana bentuk-bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, (2) Bagaimana daya dukung kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung?, (3) Bagaimana kendala kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data peneliti menggunakan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Peneliti menggunakan teknik analisis data berupa pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan data, peneliti menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamat, dan triangulasi. Hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung meliputi: peningkatan kualitas materi dengan memperhatikan kecerdasan siswa, penerapan metode bervariasi yang diwujudkan untuk mengembangkan kecerdasan majemuk siswa, pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan kecerdasan yang ingin dikembangkan, pemanfaatan fasilitas penunjang pembelajaran, penggunaan sumber belajar, pemberian motivasi dan pendampingan bagi siswa yang membutuhkan, menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dengan ekspresif dan humor, dan evaluasi pembelajaran secara menyeluruh. (2) Daya dukung kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung meliputi: pengalaman kerja guru yang sudah lama, kemampuan kognitif yang tinggi, ketersediaan fasilitas penunjang pembelajaran yang memadai, faktor peserta didik dan kepala sekolah yang mendukung, kerjasama dengan pihak yayasan dan diskusibaik dengan kepala sekolah maupun antar guru, baik melalui rapat rutin maupun secara langsung. (3) Kendala kreativitas guru dalam meningkatkan mutu pembelajaran tematik berbasis multiple intelligences di SDI Bayanul Azhar Bendiljati Kulon Sumbergempol Tulungagung meliputi: guru sulit mengidentifikasi kecerdasan peserta didik sehingga berdampak pada kesulitan guru dalam menentukan strategi pembelajaran yang sesuai, kurangnya pelatihan, seminar, atau workshop tentang multiple intelligences, keterbatasan waktu guru karena faktor keluarga dan padatnya kegiatan sekolah, kurangnya membaca buku atau referensi, dan rasa malas yang dialami guru untuk mengembangkan kreativiatsnya.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163019 ZAHROTUL FIRDAUS |
Date Deposited: | 21 Sep 2020 02:51 |
Last Modified: | 21 Sep 2020 02:51 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16623 |
Actions (login required)
View Item |