UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DAN REALITA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG

ANINDA WIDIYA RATMASARI, 17205163041 (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA GAMBAR DAN REALITA PADA MATA PELAJARAN IPA DI MIN 1 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (287kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (627kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ABSTRAK Skripsi dengan judul “Upaya Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Gambar dan Realita pada Mata Pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung” ini ditulis oleh Aninda Widiya Ratmasari, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), NIM. 17205163041, Tahun 2020 dibimbing Hj. St. Noer Farida Laila, M.A. Kata kunci:Media Gambar, Media Realita, Minat Belajar Siswa Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomenaa bahwa Peserta didik pada usia sekolah dasar memiliki tahap perkembangan kognitif yang berbeda dengan siswa yang sekolah pada jenjang selanjutnya. Dalam perkembagan intelektualnya, bahwa siswa sekolah dasar berada pada tahap operasional konkret. Dimana pada tahap itu terdapat sikap keingintahuan yang cukup tinggi untuk mengenali apa yang ada dilingkungannya. Dalam konsep pembelajaran IPA perlu untuk memberikan contoh yang konkrit kepada peserta didik, sehingga peserta didik akan mudah untuk mempelajari materi. Hadirnya media pembelajaran sangat membantu dalam proses belajar. Selain itu pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa juga aktif dalam belajar. Fokus penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah: 1) Mengapa guru menggunakan media gambar dan relita dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung . 2) Bagaimana proses penggunaan media gambar dan realita dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung ?. 3) Bagaimana implikasi penggunaan media gambar dan realita terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA diMIN 1 Tulungagung ?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan alasan guru menggunakan media gambar dan realita, 2) Untuk mendeskripsikan proses penggunaan media gambar dan realita, 3) Untuk mendeskripsikan implikasi penggunaan media gambar dan realita terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA diMIN 1 Tulungagung. Dalam penelitian ini penulis menggunakan: Pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data terdiri dari reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Tehnik pengecekan keabsahan data dilakukan dengan cara triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi waktu. Hasil penelitian dan pembahasan penelitian ini, yaitu: 1) alasan guru menggunakan media gambar dan realita untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung ada 4 alasan, yaitu: media dapat memperjelas masalah, penggunaan media dapat menarik perhatian siswa, media bersifat nyata, media mampu meningkatkan interaksi langsung. 2) Proses penggunaan media gambar dan realita untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung adalah: a) langkah penggunaan media gambar ada 8 langkah, yaitu: Guru mempersiapkan gambar yang akan digunakan, siswa diminta untuk membaca materi tentang gaya yang ada diLKS, siswa diminta berpendapat mengenai apa yang diperoleh setelah membaca materi, guru mengapresiasi setiap jawaban yang diutarakan siswa, guru menunjukkangambar contoh-contoh gaya yang telah disiapkan, siswa diminta untuk mengelompokkan sesuai dengan jenis gaya, guru memberi penguatan dan memberi kesempatan siswa untuk bertanya, guru memberi tugas latihan. Sedangkan penggunaan media realita ada 9 langkah, yaitu : Guru mempersiapkan media yang akan digunakan, siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, guru menjelaskan materi mengenai pengaruh gaya terhadap benda, guru terlebih dahulu memberikan contoh penggunaan media dan meminta siswa untuk mengamati, guru memberikan lembar tugas kepada tiap kelompok, perwakilan kelompok diminta untuk melakukan percobaan dengan menggunakan media dan anggota yang lain mengamati, guru meminta siswa untuk menuliskan hasil dari percobaan yang sudah dilakukan, perwakilan kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil kerjanya, guru memberi penegasan dan memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya. 3) Implikasi penggunaan media gambar dan realita terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA di MIN 1 Tulungagung adalah: Penggunaan media gambar dan realita ini dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari respon dan tingkah laku ketika proses pembelajaran. Siswa yang tertarik mengikuti pelajaran akan memperhatikan materi yang disampaikan oleh guru, aktif bertanya maupun menjawab pertanyaan atau quis yang diberikan oleh guru, tidak menunda untuk mengerjakan tugas, dan ketika mereka terlibat dalam penggunaan media mereka merasa sangat senang. Selain itu meningkatnya minat belajar siswa pada mata pelajaran IPA juga dapat dilihat dari nilai mereka yang selalu bagus dan rata-rata nilai siswa diatas KKM.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163041 ANINDA WIDIYA RATMASARI
Date Deposited: 24 Sep 2020 01:50
Last Modified: 24 Sep 2020 01:50
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16656

Actions (login required)

View Item View Item