ERMA FITRI WULANDARI, 17205163002 (2020) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DASAR DI MIN 3 TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (3MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (272kB) |
||
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (159kB) |
||
|
Text
BAB I.pdf Download (239kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (334kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (326kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (93kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penggunaan Media Benda Konkret untuk Meningkatkan Pemahaman Peserta didik pada Mata Pelajaran Matematika Dasar di MIN 3 Tulungagung” ini ditulis oleh Erma Fitri Wulandari, NIM 17205163002, pembimbing H. Muh Nurul Huda,M.A Kata Kunci : Media Benda Konkret, Pemahaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran matematika yang merupakan pelajaran pokok dan dianggap sulit sehingga diperlukan pemahaman yang cukup untuk melakukan pengajaran. Sehingga dibutuhkan alat bantu atau media untuk mengaktifkan dan membuat peserta didik menjadi lebih paham atas materi yang telah disampaikan yakni dengan media benda konkret. Dengan media benda konkret akan memberikan pengalaman langsung serta kesan yang utuh dan bermakna mengenai informasi dan gagasan yang melibatkan panca indera. Selain itu, media benda konkret dapat membantu meletakkan dasar-dasar yang konkret dan mengurangi hal-hal yang sifatnya masih verbal. Adapun fokus dari penelitian ini adalah : 1) Bagaimana gambaran pembelajaran melalui media benda konkret untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran matematika dasar di MIN 3 Tulungagung? 2) Bagaimana penerapan media benda konkret objek untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran matematika dasar di MIN 3 Tulungagung? 3) Bagaimana penerapan media benda konkret benda contoh untuk meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran matematika dasar di MIN 3 Tulungagung? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah jenis penelitian study kasus. Tehnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tehnik analisis data mengunakan reduksi data, penyajian data, dan verivikasi/pemeriksaan tentang kebenaran laporan. Pengecekan keabsahan temuan menggunakan ketekunan, triangulasi, pengecekan sejawat. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Dalam meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika dasar yakni salah satunya dengan menggunakan media benda konkret yang mana media benda konkret lebih membantu dalam memahami hal-hal yang sifatnya masih verbal. Karena pada dasarnya mata pelajaran matematika masih banyak yang menggunakan rumus dan sifatnya yang abstrak. 2) Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika dasar dengan adanya media benda konkret objek atau benda asli yakni dengan menggunakan benda benda yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar. Selain memudahkan peserta didik dalam memahami suatu materi, media ini juga memberikan pengalaman langsung kepada peserta didik melalui panca inderanya. 3) Untuk meningkatkan pemahaman peserta didik dalam mata pelajaran matematika dasar dengan adanya media benda konkret benda contoh yakni dengan menggunakan replika dari benda aslinya, sehingga peserta didik hanya memiliki gambaran dari benda aslinya. Peserta didik mampu mengasah otaknya untuk berfikir kearah yang lebih luas mengenai benda aslinya. Media ini digunakan jika benda konkret objek atau bendaaslinya tidak memungkinkan ada atau terlalu besar sehingga memakan tempat yang banyak. Dapat disimpulkan bahwa MIN 3 Tulungagung mampu dalam menggunakan media benda konkret dalam proses belajar mengajar termasuk dalam mata pelajaran matematika dasar guna untuk meningkatkan pemahaman materi pembelaran. Yang mana mendapat tanggapan yang positif dan antusias oleh peserta didik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini juga berdampak pada hasil belajar peserta didik yang terus mengalami peningkatan.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163002 ERMA FITRI WULANDARI |
Date Deposited: | 22 Sep 2020 06:09 |
Last Modified: | 22 Sep 2020 06:09 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16689 |
Actions (login required)
View Item |