PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)

AINI, PUTRI NUR (2015) PENERAPAN METODE EXAMPLES NON EXAMPLES DAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA). [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
BAGIAN AWAL.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 3 new.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text
BAB 4.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB 5.pdf

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Penerapan Metode Examples Non Examples dan Media Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek Tahun ajaran 2014/2015” ini ditulis oleh Putri Nur Aini NIM:3217113083 dibimbing oleh Agus Purwowidodo, M.Pd.I. Kata kunci : Metode Examples Non Examples, Media Visual, Hasil Belajar. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena bahwa dalam kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit siswa lemah dalam penguasaan serta pemahaman terhadap materi yang diajarkan guru, khususnya Ilmu Pengetahuan Alam. Karena siswa selalu diberi pembelajaran dengan metode yang membuat siswa kurang berkembang, sehingga mengakibatkan hasil belajar siswa kurang memuaskan. Menyikapi permasalahan tersebut, perlu dikembangkan metode pembelajaran yang tepat dan efektif. Metode Examples Non Examples dan media visual sebagai salah satu metode pembelajaran tersebut efektif, kreatif dan menyenangkan karena siswa terlibat aktif dengan lingkungan dalam pembelajaran. Sehingga, diharapkan dengan diterapkannya metode pembelajaran Examples Non Examples dan media visual dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bentuk permukaan bumi mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode Examples Non Examples dan media visual pada mata pelajaran IPA pokok bahasan bentuk permukaan bumi siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek? (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam pokok bahasan bentuk permukaan bumi melalui penerapan metode Examples Non Examples dan media visual pada siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek? Adapun tujuan penelitian adalah (1) Mendiskripsikan langkah-langkah penerapan metode Examples Non Examples dan media visual pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi bentuk permukaan bumi siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek. (2) Untuk meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi bentuk permukan bumi melalui penerapan metode Examples Non Examples dan media visual kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Dalam Penelitian Tindakan Kelas tahap penelitian terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi untuk mengetahui peningkatan pada waktu tindakan, dan setelah tindakan dilakukan. Dalam penelitian ini menggunakan dua siklus tindakan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan menggunakan metode Examples Non Examples dan media visual dapat xix meningkatkan hasil belajar siswa pada materi bentuk permukaan bumi. Pada tes awal (pre test) mencapai nilai rata-rata 65,78 dengan presentasi ketuntasan belajar sebesar 57,89%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I ketuntasan belajar meningkat menjadi 73,68% dengan nilai rata-rata 66,84. Ketuntasan hasil belajar menunjukkan peningkatan kembali setelah dilakukan pada siklus II menjadi 84,21% dengan nilai rata-rata 71,57. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa telah meningkat. Pada tes awal (pretest) nilai rata-rata hanya 65,78 dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 57,89%, nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang cukup signifikan menjadi 66,84 pada tes formatif siklus I, dengan prosentase ketuntasan belajar sebesar 73,68%. Pada siklus berikutnya, yaitu siklus II terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata 71,57 dengan prosentase ketuntasan belajar mencapai 84,21%. Dengan demikian membuktikan bahwa penerapan metode Examples Non Examples dan media visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) kelas III Madrasah Ibtidaiyah Tarbiyatul Banin Walbanat Kedungsigit Karangan Trenggalek.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: putri nur aini putri nur aini
Date Deposited: 18 Sep 2015 06:49
Last Modified: 18 Sep 2015 06:49
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1670

Actions (login required)

View Item View Item