LAILY NUR INDAHSARI, 17205163018 (2020) PENGARUH GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DI MI AL IFADAH KALIWUNGU NGUNUT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (783kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (511kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (399kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (222kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (626kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (313kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (11kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (146kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “ Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung ” ini ditulis oleh Laily Nur Indahsari, NIM 17205163018, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, IAIN Tulungagung, yang dibimbing oleh Bapak Drs. H Timbul, M.Pd. Kata Kunci : Gaya Belajar, Prestasi Belajar Prestasi belajar siswa adalah salah satu indikator penentu kualitas pendidikan pada suatau madrasah. Prestasi belajar siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa hal salah satunya yakni gaya belajar siswa. Apabila siswa dapat menerapkan gaya belajar yang baik maka hal itu dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Guru juga diharapkan dapat mengetahui gaya belajar siswa agar dapat menyesuaikan metode pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah : (1) Adakah pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagng?, (2) Adakah pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (3) Adakah pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung?, (4) Adakah pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (2) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (3) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung, (4) Untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian expost facto. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV yang berjumlah keseluruhan 48 siswa, sampel yang diambil seluruh siswa kelas IV MI Al Ifadah. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner (angket), dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji regresi berganda, yang sebelumnya diuji prasyarat analisis dan uji asumsi klasik dengan bantuan program komputer SPSS 21,0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar visual terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. dan nilai ttabel untuk variabel gaya belajar visual sebesar 0,005 dan 2,937 dimana nilai Sig. (0,005) < 0,05 dan thitung (2,937) > ttabel (2,014). (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar auditorial terhadap prestasi belajar siswa di MIAl Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. dan nilai ttabel untuk variabel gaya belajar auditorial sebesar 0,024 dan 2,335 dimana nilai Sig. (0,024) < 0,05 dan thitung (2,335) > ttabel (2,014). (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar kinestetik terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. dan nilai ttabel untuk variabel gaya belajar visual sebesar 0,033 dan 2,198 dimana nilai Sig. (0,033) < 0,05 dan thitung (2,198) > ttabel (2,014). (4) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar siswa di MI Al Ifadah Kaliwungu Ngunut Tulungagung hal ini ditunjukkan dengan nilai Sig. dan nilai Ftabel untuk variabel gaya belajar visual sebesar 0,004 dan 5,141 dimana nilai Sig. (0,004) < 0,05 dan Fhitung (5,141)> Ftabel (2,81).
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163018 LAILY NUR INDAHSARI |
Date Deposited: | 28 Sep 2020 07:21 |
Last Modified: | 28 Sep 2020 07:21 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16713 |
Actions (login required)
View Item |