ADINA KHAIYU AZIZAH, 17201163120 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PAI PESERTA DIDIK KELAS XII SMAN 1 GONDANG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (222kB) |
||
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (164kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (152kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (315kB) |
||
|
Text
BAB III.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (42kB) | Preview |
Abstract
Skripsi ini berjudul “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII SMAN 1 Gondang Tulungagung” ini ditulis oleh Adina Khaiyu Azizah, NIM. 17201163120, dibimbing oleh Dr. Mochamad Arif Faizin, M. Ag. Kata Kunci : Problem Based Learning, Berpikir Kritis, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran PAI akan berdampak pada hasil belajarnya, hal ini dikarenakan kurangnya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat kegiatan belajar mengajar hanya berpusat pada guru. Sehingga model pembelajaran yang digunakan guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Apakah ada mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung? (2) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik secara signifikan kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung? (3) Apakah ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI peserta didik secara bersama-sama kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung? Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik secara signifikan kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (2) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik secara signifikan kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung. (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar PAI peserta didik secara bersama-sama kelas XII di SMAN 1 Gondang Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XII yang berjumlah 365 peserta didik. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas XII IPA 1 sebagai kelas kontrol dan kelas XII IPA 2 sebagai kelas eksperimen. Dengan teknik pengambilan sampel simple random sampling karena pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan pertimbangan kelas tersebut memiliki kemampuan yang setara melalui analisis hasil tes berupa soal uraian higher order thinking skills (HOTS) dan analisis hasil non-tes berupa penilaian afektif peserta didik dalam proses pembelajaran. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji t. dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode dokumentasi untuk memperoleh data profil sekolah dan peserta didik. Sedangkan metode tes, non-tes, dan observasi untuk memperoleh data hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik yang ditunjukkan - t hitung < - t tabel yaitu -2.555 < 1.668 dengan dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (2) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap hasil belajar PAI peserta didik yang ditunjukkan t hitung > t tabel yaitu 5.918 > 1.668 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05. (3) Ada pengaruh yang signifikan dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis hasil belajar PAI peserta didik secara bersama-sama yang ditunjukkan t hitung > t tabel yaitu 17.161 > 1.668 dengan nilai signifikansi 0.000 < 0.05.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Menengah Pertama Pendidikan > Pendidikan Islàm |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | 17201163120 ADINA KHAIYU AZIZAH |
Date Deposited: | 01 Oct 2020 02:17 |
Last Modified: | 01 Oct 2020 02:17 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16771 |
Actions (login required)
View Item |