PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG

MUHAMMAD BAHJATAL MUHIBBIN, 17209163021 (2020) PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII SMP ISLAM AL-AZHAAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
Cover.pdf

Download (661kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (269kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (333kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (300kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (557kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (585kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (393kB)

Abstract

Skripsi dengan judul “Pengaruh Metode Problem Solving terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Terpadu Kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung” ini ditulis oleh Muhammad Bahjatal Muhibbin, NIM 17209163002, Dosen Pembimbing Drs. H. Jani. M.M, M.Pd. Kata Kunci: Metode Problem Solving, Hasil Belajar. Berdasarkan hasil observasi saya di SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung diketahui bahwa siswa masih banyak yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan berbagai masalah terutama mata pelajaran IPS Terpadu. Yang disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru belum efektif dan efisien. Namun kegagalan pendidik dalam menyampaikan materi ajar bukan selalu karena ia tidak menguasai materi ajar tersebut, tetapi karena ia belum tahu bagaimana cara menyampaikan materi tersebut dengan baik dan tepat sehingga peserta didik dapat belajar dengan menyenangkan. Salah satu metode pembelajaran yang mengutamakan pemecahan masalah adalah metode problem solving. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan metode pembelajaran problem solving pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar Tulungagung. (2) Bagaimana hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran problem solving pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar Tulungagung. (3) Seberapa besar pengaruh penerapan metode problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhar Tulungagung. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan metode problem solving pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung. (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung pada mata pelajaran IPS antara yang menggunakan metode pembelajaran problem solving dan konvensional. (3) Dan untuk mengetahui besarnya pengaruh pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Azhaar Tulungagung mata pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah metode problem solving, sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII. Sampel pada penelitian ini menggunakan 2 kelas, yakni kelas VII G sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 21 siswa, dan kelas VII F sebagai kelas kontrol dengan jumlah 23 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan metode post test, uji t-test serta penghitungan effect size dengan rumus cohen’s untuk mengetahui besarnya pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran problem solving rata-rata 83,86 diatas KKM lebih baik dari metode pembelajaran konvensional, ada pengaruh yang signifikan antara pembelajaran problem solving terhadap hasil belajar siswa dengan nilai

Item Type: Skripsi
Subjects: Kesejahteraan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris IPS
Depositing User: S.Pd 17209163002 Muhammad Bahjatal Muhibbin
Date Deposited: 14 Oct 2020 01:59
Last Modified: 14 Oct 2020 01:59
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16881

Actions (login required)

View Item View Item