HANIF WIDIYA LUPI, 17306163061 (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK HOMEROOM DALAM MENINGKATKAN KONTROL DIRI DARI PERILAKU MEMBAWA MIRAS KE SEKOLAH PADA REMAJA DI SMAN 1 KAMPAK NURUSAN IPS. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (535kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (43kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (133kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (134kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (50kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Dalam Meningkatkan Kontrol Diri Dari Perilaku Membawa Miras Ke Sekolah Pada Remaja DI SMAN 1 Kampak Jurusan IPS” yang ditulis oleh Hanif Widiya Lupi, dengan NIM 17306163061, Jurusan Bimbingan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung, dengan pembimbing Arman Marwing, M.A. Kata Kunci :Bimbingan kelompok, Homeroom, Kontrol diri Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kontrol diri remaja terhadap perilaku menyimpang baik disekolah ataupun lingkungan masyarakat melalui pemberian layanan berupa bimbingan kelompok teknik homeroom. Peneliti menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan desain One Group Pretest Posttest pada populasi siswa SMAN 1 Kampak kelas X sampai dengan XII yang berada di jurusan IPS. Sedangkan untuk pengambilan data sampel menggunakan teknik purposive sampling Layanan bimbingan kelompok teknik homeroom ini diberikan kepada subjek yang memiliki kriteria kontrol diri rendah dan sangat rendah dilihat dari hasil pretest yang diberikan. Pada Uji Paired T-test, hasil yang diperoleh yaitu sig.2 tailed sebesar 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa pemberian layanan teknik homeroom cukup efektif dalam meningkatkan kontrol diri terhadap penyimpangan sosial remaja. Adapun dari hasil perhitungan statistik menggunakan SPSS diperoleh nilai R Square sebesar 0,019 yang berarti teknik homeroom terhadap peningkatan kontrol diri sebesar 19% meskipun nilai perubahannya tidak terlalu signifikan, sedangkan sisanya 81% dipengaruhi faktor-faktor lain. Berdasarkan temuan penelitian, perilaku menyimpangan sosial yang sering dilakukan oleh siswa IPS di SMAN 1 Kampak dapat diatasi dengan pemberian layanan bimbingan kelompok dengan teknik homeroom dan dengan kontrol ketat terhadap faktor-faktor lain.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Bimbingan dan Konseling Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah > Bimbingan Penyuluhan Islam |
Depositing User: | 17306163061 HANIF WIDIYA LUPI |
Date Deposited: | 04 Jan 2021 01:34 |
Last Modified: | 04 Jan 2021 01:34 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16902 |
Actions (login required)
View Item |