PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 8 TULUNGAGUNG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

MUH ANAM KHUSNA, 17208163071 (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII MTSN 8 TULUNGAGUNG MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (285kB) | Preview
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (95kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (53kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (128kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (36kB) | Preview
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (39kB)

Abstract

xvii ABSTRAK Khusna, Muh Anam, 17208163071, 2020, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kelas VII MTsN 8 Tulungagung Materi Pencemaran Lingkungan. Skripsi, Jurusan Tadris Biologi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Tulungagung. Pembimbing: M. Luqman Hakim Abbas, S. Si., M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM), Motivasi belajar, Hasil Belajar Pendidikan mempunyai peranan penting untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan kemajuan suatu negara. Permasalahan yang terjadi pada pendidikan adalah kurang maksimalnya proses pembelajaran sehingga kurangnya motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Hal yang mendukung dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelaj aran. Peneliti menggunkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) dalam penelitiannya. Penerapan model pembelajaran berpengaruh terdapah motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan. 2) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan. 3) Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif dan mengunakan jenis penelitian Quasi Eksperimental. Penelitian dilakukan di MTsN 8 Tulungagung dimana populasi seluruh kelas VII. Sedangkan sampling yang digunakan yaitu teknik Purposive Sampling dikenal dengan sampling pertimbangan. Kelas yang digunakan untuk sampel yaitu kelas VII A dan kelas VII B. Dalam penelitian ini cara mengumpulkan data mengunakan angket motivasi, post-test, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Instrumen (Uji Validitas, Uji Reliabilitas), Uji Prasyarat (Uji Normalitas, Uji Homogenitas), Uji T, Uji MANOVA. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan dengan nilai sig. 0,000 < 0,05. 2) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan dengan nilai sig. 0,001 < 0,05. 3) Ada pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan dengan nilai 0,000 < 0,05.Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah berpengaruh terhadap motivasi belajar dan hasil belajar kelas VII MTsN 8 Tulungagung pada materi pencemaran lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: 17208163071 MUH ANAM KHUSNA
Date Deposited: 19 Oct 2020 02:24
Last Modified: 19 Oct 2020 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16904

Actions (login required)

View Item View Item