PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG

NUR MUALIFAH, 17201163063 (2020) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 KEDUNGWARU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (480kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (595kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (498kB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (426kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung” ini ditulis oleh Nur Mualifah, NIM 17201163063, pembimbing Dr. Hj. Elfi Mu’awanah, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Media Pembelajaran, hasil belajar siswa Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagaimana cara menyajikan materi kepada siswa secara baik sehingga diperoleh hasil yang efektif dan efisien atau hasil yang maksimal, kurangnya perhatian guru terhadap variasi penggunaan media pembelajaran dalam upaya peningkatan mutu pengajaran secara baik, dan penggunaan media pembelajaran masih sering terabaikan dengan berbagai alasan. Penyajian materi yang monoton dan tanpa adanya variasi media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam membuat siswa lebih cepat jenuh dalam belajar. Dalam hal ini peneliti akan melihat pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Adakah pengaruh penggunaan media rekaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) Adakah pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, dan 3) Adakah pengaruh penggunaan media powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran rekaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran gambar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, dan 3) Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran power point terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung yang berjumlah 300 siswa. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Sampel yang dipilih sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VII A, VII B, VII C sebagai kelas eksperimen, dan VII E sebagai kelas kontrol yang berjumlah 120 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah uji t yang sebelumnya di uji prasyarat yaitu normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media rekaman diperoleh nilai thitung (2,405) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,019 < 0,05, sehingga Ho ditolakdan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media rekaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, 2) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media gambar diperoleh nilai thitung (2,062) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,044 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media rekaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung, 3) Berdasarkan uji t-test untuk posttest hasil belajar PAI dengan menggunakan media powerpoint diperoleh nilai thitung (2,357) > ttabel (2,00172) dan nilai sig. (2-tailed) 0,022 < 0,05, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh penggunaan media rekaman terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Negeri 3 Kedungwaru Tulungagung

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Islàm
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163063 NUR MUALIFAH
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:24
Last Modified: 27 Oct 2020 02:24
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16937

Actions (login required)

View Item View Item