PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII MTsN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015

niswatur, rohmah (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KUBUS DAN BALOK PADA SISWA KELAS VIII MTsN TUNGGANGRI TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2014/2015. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
SAMPUL SKRIPSI.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Niswatur Rohmah, 3214113049, Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Kubus dan Balok Pada Siswa Kelas VIII MTsN Tunggangri Tahun Ajaran 2014/201. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Tadris Matematika (TMT), IAIN Tulungagung, Pembimbing: Ummu Sholikhah, S.Pd, M.Si Kata Kunci : Model Pembelajaran TGT, Motivasi Belajar, Hasil Belajar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa karena sebagian besar guru mengajar dengan menggunakan metode mengajar konvensional. Tujuan dalam penelitian ini (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. (3) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsN Tunggangri tahun ajaran 2014/2015. Metode penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tunggangri dan sampel yang diambil ada dua kelas yaitu kelas VIII-D dengan jumlah siswa 40 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-G dengan jumlah siswa 39 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, angket, dokumentasi dan tes. Lembar observasi dan lembar dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan peneliti baik sebelum penelitian dan selama penelitian berlangsung. Angket dan tes digunakan untuk memperoleh data tentang tingkat motivasi dan hasil belajar matematika siswa yang diberikan perlakuan model pembelajaran TGT dan menggunakan metode konvensional. Dalam uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Uji t dan uji Anova 2 jalur. Dari analisis disimpulkan bahwa: (1) nilai sig=0,007<0,05 dan t_hitung=2,755>t_tabel=1,992 pada taraf signifikansi 5 % maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap hasil belajar matematika. (2) nilai sig=0,023<0,05 dan t_hitung=2,325>t_tabel=1,992 pada taraf signifikansi 5 % maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi belajar matematika (3) nilai sig=0,000<0,05 pada taraf signifikansi 5% maka H_a diterima dan H_0 ditolak. Dengan demikian hipotesis berbunyi “ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap motivasi dan hasil belajar matematika.

Item Type: Skripsi
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: niswatur rohmah muzaki
Date Deposited: 28 Dec 2015 04:21
Last Modified: 28 Dec 2015 04:21
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1694

Actions (login required)

View Item View Item