HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG

FAIQOTUL HIKMAH, 17201163240 (2020) HUBUNGAN ANTARA PERHATIAN ORANG TUA DENGAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DI MTS ASWAJA TUNGGANGRI KALIDAWIR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (855kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (178kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (61kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (160kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (35kB)
[img] Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (166kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan antara Perhatian Orang Tua dengan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung” ini di tulis oleh Faiqotul Hikmah, NIM. 17201162340. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Jurusan Pendidikan Agama Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, Pembimbing: Dra. Hj. St. Noer Farida Laila, M.A., NIP. 197201151999032002. Kata Kunci: Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar. Penelitian ini dilatar belakangi karena masih banyak peserta didik yang kurang mendapat perhatian dari orang tua mereka yang berdampak pada kurangnya perhatian dan motivasi yang di peroleh dari orang tua mereka untuk mendukung kegiatan belajar di lingkungan sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Kurangnya perhatian yang di peroleh peserta didik akan berdampak terhadap motivasi belajar dalam bentuk nilai ulangan mereka di sekolah. Perhatian orang tua sangatlah penting dalam kegiatan belajar peserta didik di sekolah maupun di luar sekolah. Peserta didik yang mendapat perhatian dari orang tua menjadikan mereka lebih termotivasi dalam belajar dalam bentuk nilai ulangan menjadi meningkat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Adakah hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung? Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: Untuk mengetahui hubungan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini menggunakan korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung, pada penelitian ini menggunakan teknik sampling nonprobability sampling jenis sampling jenuh. Sampel yang digunakan adalah kelas VII-A dan VII-B. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: angket, dokumentasi. Teknik analisis data adalah uji regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil dalam penelitian dan pembahasan analisis yang menggunakan uji regresi linier sederhana adalah ada perbedaan antara perhatian orang tua dengan motivasi belajar peserta didik kelas VII di MTs Aswaja Tunggangri Kalidawir Tulungagung, dengan hasil uji regresi linier sederhana diperoleh nilai Sig. < 0.05 yaitu 0.002 < 0.05, atau juga bisa dibandingkan antara nilai thitung > ttabel yaitu 3.366 > 0.291, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163240 FAIQOTUL HIKMAH
Date Deposited: 19 Oct 2020 03:20
Last Modified: 19 Oct 2020 03:20
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item