PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD ISLAM AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG

HANIFATIL HUSNA, 17205163139 (2020) PROBLEMATIKA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAHASA JAWA PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI SD ISLAM AL-MUNAWAR TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK .pdf

Download (510kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (615kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (544kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN .pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Problematika Belajar Siswa dalam Pembelajaran Menulis Karangan Deskripsi Bahasa Jawa pada Peserta Didik Kelas IV di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung” ini ditulis oleh Hanifatil Husna NIM. 17205163139, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtida’iyah, dibimbing oleh Drs. H. Timbul, M.Pd.I Kata Kunci: Kesulitan Belajar, Menulis, Karangan Deskripsi, Bahasa Jawa Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena bahwa mata pelajaran Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran yang paling tidak diminati oleh peserta didik. Dalam hal ini peneliti menghubungkan dengan masalah problematika belajar yang dialami peserta didik kelas IV di SD Islam Al Munawwar Tulungagung. Fokus penelitian yang dibahas dalam skripsi ini yaitu: (1) Bagaimana deskripsi proses pembelajaran menulis karangan deskripsi Bahasa Jawa kelas IV di SDI Al Munawar Karangwaru Tulungagung? (2) Bagaimana bentuk kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi Bahasa Jawa kelas IV di SDI Al-Munawar Tulungagung? (3) Bagaimana upaya guru dalam menangani kesulitan belajar siswa pada pembelajaran menulis karangan deskripsi Bahasa Jawa kelas IV di SDI Al-Munawar Karangwaru Tulungagung? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah mengetahui problematika belajar yang dialami peserta didik dalam pembelajaran menulis karangan deskripsi di SD Islam Al-Munawwar Tulungagung. Skripsi ini bermanfaat bagi Kepala SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai sumbangsih pemikiran guna untuk memperkembangkan kualitas sekolah, bagi guru di SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai dasar untuk melakukan perubahan dalam pembelajaran. Bagi peserta didik SDI Al-Munawwar Tulungagung sebagai bahan renungan agar lebih giat belajar, dan bagi pembaca atau peneliti selanjutnya sebagai bahan referensi yang cukup berarti. Serta bagi perpustakaan IAIN Tulungagung sebagai tambahan sumber kepustakaan Untuk mencapai tujuan penelitian, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi digunakan untuk memperoleh data tentang topik pembahasan. Wawancara digunakan untuk memperoleh informasi secara langsung dari responden, yaitu pendidik dan peserta didik. sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui dokumen-dokumen terkait bukti proses pembelajaran, nilai hasil tes menulis karangan deskripsi, dan data-data terkait Lembaga atau tempat penelitian ini berlangsung. Hasil penelitian ini telah ditemukan bahwa di SD Islam Al-Munawwar mengalami problematika belajar menulis karangan deskripsi bahasa jawa. 1) Proses pembelajaran berjalan kurang efektif karena peserta didik mengalami kesulitanbelajar. 2)Bentuk kesulitan belajar yang dialami adalah pemilihan kata yang kurang tepat, kekeliruan dalam penempatan huruf kapital, koherensi antar kalimat kurang tepat, serta pemahaman materi yang rendah. 3) Upaya pendidik dalam mengatasi kesulitan belajar adalah mengidentifikasi penyebab kesulitan belajar dan memberikan perbaikan dengan cara: memberikan pembiasaan menulis sesuai dengan aturan menulis, mengarang berdasarkan benda konkrit, memberikan kesempatan peserta didik meniru contoh deskripsi dan melatih menulis dengan cara dekte, serta melakukan dekorasi kelas dan adanya bimbingan belajar tambahan sepulang sekolah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163139 HANIFATIL HUSNA
Date Deposited: 19 Oct 2020 07:35
Last Modified: 19 Oct 2020 07:35
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16959

Actions (login required)

View Item View Item