KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

AYU RATNA DELA, 17205163234 (2020) KETERAMPILAN GURU MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH PADA PELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH DARUSSALAM CAMPURDARAT TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (436kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (599kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (817kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (773kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan Judul “Keterampilan Guru Menggunakan Metode Pembelajaran Ceramah pada Pelajaran Tematik untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung”. Ditulis oleh Ayu Ratna Dela, NIM. 17205163234, Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, pembimbing Dr.Hj. Elfi Mu‟awanah, S.Ag.,M.Pd. Kata Kunci :Keterampilan Guru, Metode Pembelajaran Ceramah Penelitian ini dilatar belakangi bahwa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung peneliti menemukan adanya pendidik yang menggunakan metode pembelajaran ceramah, metode pembelajaran ceramah merupakan salah satu metode tradisional dengan penerapan penyampaian materi pembelajaran secara lisan. Penggunaan metode ceramah menekankan kepada penyampaian materi secara keseluruh kepada peserta didik, penggunaan metode pembelajaran ceramah secara terus menurus dalam satu pembelajaran akan menyebabkan kebosanan pada siswa sehingga menurunnya motivasi belajar siswa. Kemampuan dan keterampilan pendidiklah dalam proses pembelajaran sangat berperan penting dalam meningkatkan motivasi belajar, terutama dengan penggunaan metode pembelajaran ceramah. Dari sinilah peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang keterampilan guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. Fokus Penelitian dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Bagaimana keterampilan mengajar guru menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung? (2) Bagaimana penggunaan variasi media pembelajaran guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung? (3) Bagaimana variasi pola interaksi guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan keterampilan mengajar guru menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. (2) Mendeskripsikan penggunaan variasi media pembelajaran guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. (3) Mendeskripsikan variasi pola interaksi guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah padapelalajaran tematik untuk meningkatkan motivasi siswa didik di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. Metode Penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian dilakukan di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung. Sumber data diperoleh dari tiga macam sumber data yakni Kepala Madrasah dan Guru Kelas IB dan IC. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan, sedangkan tahap penelitian menggunakan tahap pendahuluan/persiapan, tahap pelaksanaan, tahap analisis data, tahap pelaporan. Dari Penelitian ini dapat dilihat hasil-hasil penelitian yaitu: (1) Keterampilan mengajar guru menggunakan metode pembelajaran ceramah bervariasi pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung adalah penggunaan metode pembelajaran ceramah dengan memadukan dengan metode pembelajaran diskusi, penggunaan metode pembelajaran tanya jawab, penggunaan metode pembelajaran penugasan. (2) Penggunaan variasi media pembelajaran guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung adalah dengan penggunaan media visual cetak berupa buku tematik dan penggunaan media amplop yang berisi selembar soal, penggunaan media benda konkret berupa pensil hias. (3) Penggunaan variasi pola interaksi guru dalam menggunakan metode pembelajaran ceramah pada pelajaran tematik untuk meningkatkan motivasi siswa di MI Darussalam Campurdarat Tulungagung adalah dengan penggunaan dua pola interaksi yaitu pola interaksi dua arah (proses interaksi antara guru, siswa, guru) dan pola interaksi multi arah (proses interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa lainnya).

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: 17205163234 AYU RATNA DELA
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:55
Last Modified: 21 Oct 2020 06:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/16969

Actions (login required)

View Item View Item