MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT EKSTRAKURIKULER MATA PELAJARAN SISWA DI MTs NEGERI 1 TRENGGALEK

INTAN MAYANGSARI, 17207163065 (2020) MANAJEMEN KESISWAAN DALAM MENGEMBANGKAN BAKAT MINAT EKSTRAKURIKULER MATA PELAJARAN SISWA DI MTs NEGERI 1 TRENGGALEK. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (589kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (602kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB V.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (262kB)

Abstract

ABSTRAK Intan Mayangsari, NIM: 17207163065. 2020. “Manajemen Kesiswaan Dalam Mengembangkan Bakat Minat Ekstrakurikuler Mata Pelajaran Siswa Di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek”. Skripsi. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Agus Zaenul Fitri, M. Pd Kata Kunci: Manajemen Kesiswaan, Bakat Minat Ekstrakurikuler Mata Pelajaran Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan pemikiran, tingkat kedewasaan, dan perilaku manusia. Pendidikan mengubah pola pikir manusia agar menjadi lebih baik, oleh karena itu setiap manusia berhak untuk mendapatkan pendidikan. Berbagai lembaga pendidikan berusaha memberikan layanan pendidikan yang terbaik untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan prestasi peserta didik. Dalam hal ini manajemen kesiswaan memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi, kemampuan belajar, bakat dan kemampuan peserta didik serta pembinaan dalam rangka untuk meningkatkan daya pikir peserta didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Dalam hal ini penulis mengambil salah satu lembaga pendidikan yaitu Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek sebagai objek penelitian. Sekolah ini memiliki karakteristik manajemen kesiswaan yang berbeda dari sekolah lain. Yang menjadi perbedaan adalah ciri khas sekolah ini mengedepankan pendidikan karakter berakhakul kharimah dan berjiwa qur’ani, yang mana dalam beberapa fokus di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek lebih mengedepankan program pemantapan dalam bidang ekstrakurikuler mata pelajaran. Yang hal ini bagi penulis merupakan suatu yang sangat bagus sebab siswa mampu menguasai pelajaran yang merupakan pelajaran UNAS dan ini sangat bermanfaat bagi siswa, selain itu pengembangan bakat minat dan bidang ekstrakurikuler mata pelajaran mampu mendongkrak prestasi Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. Yang mana dengan adanya kegiatan ini peserta didik Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek mampu menjuarai berbagai kejuaraan baik di tingkat Kecamatan, Kabupaten, maupun Provinsi. Hal ini lah yang membuat penulis merasa tertarik untuk menelitinya lebih dalam. Fokus penelitian ini adalah 1) perencanaan manajemen kesiswaan dalam mengembangkan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri1 Trenggalek, 2) pemetaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek, 3) pembinaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran siswa di Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek, 4) hasil pembinaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran siswa di Madrasah Tsanwiyah Negeri 1 Trenggalek. Jika dilihat dari sumber datanya, penelitian ini menggunakan data primer dan data skunder. Sedangkan jenis datanya, pendekatan yang digunakan termasuk penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskripstif, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tiga teknik, yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Datayang sudah terkumpul kemudian dianalisis secara induktif dengan tiga tahap, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini meliputi: 1) perencanaan dalam mengembangkan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran yang terdiri dari a) sistem PPDB yang meliputi, perencanaan, penerimaan, pembentukan kepaitiaan, menentukan pagu/daya tampung peserta didik berdasarkan dari ketentuan Kementrian Agama dan dilihat dari daya tampung madrasah, b) sistem pengadaan lomba MIPA dan tes bakat minat yang melibatkan guru-guru ekstrakurikuler mata pelajaran, bimbingan belajar, serta para staf Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Trenggalek. 2) pemetaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran terdiri dari a) pembagian kelas VII C dan VII D untuk ekstrakurikuler mata pelajaran MIPA, b) pembagian bakat minat untuk kelas bakat minat lainnya, c) pembagian waktu dan jadwal ekstrakurikuler mata pelajaran. 3) pembinaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran terdiri dari a) bimbingan secara intensif yang berasal dari bapak/ibu guru, b) bimbingan yang berasal dari mentor bimbingan belajar, c) bimbingan kedisiplinan peserta didik dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran. 4) hasil pembinaan bakat minat ekstrakurikuler mata pelajaran terdiri dari a) evaluasi secara menyeluruh dan bertahap terhadap kegiatan ekstrakurikuler mata pelajaran, b) pemberian ulangan dan evaluasi tahap akhir ekstrakurikuler mata pelajaran, c) mampu menjuarai berbagai lomba ekstrakurikuler mata pelajaran di berbagai tingkat.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: 17207163065 INTAN MAYANGSARI
Date Deposited: 21 Oct 2020 01:39
Last Modified: 21 Oct 2020 01:39
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17004

Actions (login required)

View Item View Item