MUH. FANDI FABELAN, 17207163087 (2020) MANAJEMEN PESERTA DIDIK DALAM MENINGKATKAN KARAKTER YAWADHU' DI SMP ISLAM AL-FATTAHIYAH BOYOLANGU TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]
Text
COVER.pdf Download (2MB) |
||
Text
ABSTRAK.pdf Download (835kB) |
||
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (525kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (698kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III .pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text
BAB IV .pdf Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V .pdf Download (494kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI .pdf Download (302kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (402kB) | Preview |
Abstract
Skripsi dengan judul “Manajemen Peserta Didik dalam Meningkatkan Karakter Tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah Ngranti Boyolangu Tulungagung” ini ditulis oleh Muh. Fandi Fabelan, NIM: 17207163087, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung, yang dibimbing oleh Luluk Indarti. M.Pd.I., NIDN.2008057804 Kata Kunci: manajemen peserta didik, karakter tawadhu’ Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena perkembangan zaman yang semakin maju dan pesat. Selain itu lembaga pendidikan dituntut untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan perkembangan zaman dan dinilai baik dari segi akhlaq yang dimiliki. Dalam mengatasi tuntutan akan lulusan teresebut, maka perlu adanya upaya yang maksimal dari pihak pengelola sekolah. Kegiatan pengelolaannya yakni manajemen peserta didik dalam meningkatkan Karakter Tawadhu. Hal ini menjadi alasan peneliti mengangkat penelitian ini. Fokus penelitian pada penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerimaan peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? (2) Bagaimana pembinaan peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagug? (3) Bagaimana evaluasi peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu’ di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? Tujuan penelitian ini dirancang untuk: (1) Untuk menjelaskan penerimaan peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung? (2) Untuk menjelaskan pembinaan peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagug? (3) Untuk menjelaskan evaluasi peserta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu’ di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung Dalam penelitian ini penulis menggunakan : Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Lokasi penelitian di SMP Islam Al-Fattahiyah Boyolangu Tulungagung. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi pada kepala madrasah, beberapa waka madrasah, dan para guru. Keabsahan data dilakukan dengan cara perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi, sebab pada penelitian ini data yang diperoleh akan dikumpulkan dan mengetahui kebenarannya. Teknik analisis data terdiri atas reduksi data, model data dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) menggunakan sistem seleksi. Adapun tes yang diberikan adalah tes membaca, menulis, menghitung dan tes keislaman. Kemudian pengelolaan proses pembelajaran terlaksana dengan baik. Setelah PPDB selesai, peserta didik akan dikelompokkan sesuai dengan program belajar yang dipilih. Ada program belajar unggulan dan reguler yang ditawarkan oleh madrasah. Adapun pembinaan peerta didik dalam meningkatkan karakter tawadhu di SMP Islam Al-Fattahiyah selain itu adapun pembinaan yang diberikan kepada peserta didik oleh sekolah melainkan bimbingan yang bersifat formal dan non formal yang mana peserta didik mendapatkan bimbingan akademis yang diberikan didalam kelas seperti halnya materi dan pembelajaran yang disalurkan melalui proses KBM oleh tenaga pendidik, selain itu juga dapat arahan dan petuah-petuah langsung dari seorang kiyai melalui pembelajaran non formal berupa pengajian-pengajian kitab kuning dan jiga progam-progam unggulan yang dimiliki sekolah. Untuk langkah akhir yakni tentang bagaimana evaluasi peserta didik yang dilakukan secara terus menerus, baik evaluasi yang dilakukan di dalam kelas maupun evaluasi yang dilakukan diluar kelas. Dari evaluasi tersebut peserta didik dapat dilihat seberapa jauh kemampuan yang dimilikinya. Dan juga perkembangan pembelajaran akhlaq yang diberikan pihak sekolah dalam kegiatan sehari-hari.
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | 17207163087 MUH. FANDI FABELAN |
Date Deposited: | 16 Nov 2020 03:16 |
Last Modified: | 16 Nov 2020 03:16 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17012 |
Actions (login required)
View Item |