STRATEGI PEMILIK USAHA SALON KECANTIKAN DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI AZZAHRAH BEAUTY CENTER TULANGAN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19

VALENTIN NAVILASARI, 17402163051 (2020) STRATEGI PEMILIK USAHA SALON KECANTIKAN DALAM MEMPERTAHANKAN KUALITAS PELAYANAN DAN LOYALITAS PELANGGAN UNTUK MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI AZZAHRAH BEAUTY CENTER TULANGAN SIDOARJO PADA MASA PANDEMI COVID-19. [ Skripsi ]

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (715kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (684kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (467kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Skripsi yang berjudul “Strategi Pemilik Usaha Salon Kecantikan dalam Mempertahankan Kualitas Pelayanan dan Loyalitas Pelanggan untuk Menghadapi Persaingan Bisnis di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo pada Masa Pandemi Covid-19” ditulis oleh Valentin Navilasari, NIM 17402163051, Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Tulungagung, dibimbing oleh Dr. Hj. Chusnul Chotimah, M.Ag. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh persaingan bisnis salon kecantikan yang semakin ketat ditambah dengan mewabahnya virus Corona (Covid-19) di seluruh penjuru dunia atau yang biasa disebut sebagai pandemi. Oleh sebab itu, maka pemilik salon kecantikan Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo memiliki variasi strategi yang dapat mempertahankan kualitas pelayanan dan loyalitas pelanggannya agar bisnis salon kecantikannya memiliki daya saing yang unggul serta tetap bertahan di masa pandemi Covid-19 seperti sekarang. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana kualitas pelayanan di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo sehingga terjadi loyalitas pelanggan? (2) Bagaimana strategi pemilik salon kecantikan dalam mempertahankan kualitas pelayanan untuk menghadapi persaingan bisnis di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo pada masa pandemi Covid-19? (3) Bagaimana strategi pemilik salon kecantikan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan untuk menghadapi persaingan bisnis di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo pada masa pandemi Covid-19? (4) Faktor-faktor apa saja yang menjadi keunggulan salon kecantikan Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo dibandingkan dengan salon kecantikan lainnya?. Penelitian ini dilakukan di salon kecantikan Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kualitas pelayanan di Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo dapat dikatakan kompeten karena dalam pelayanannya menerapkan motto professional treatment, sehingga pelanggan lama tetap loyal dan menarik minat pelanggan. (2) Dalam mempertahankan kualitas pelayanannya, pemilik salon dengan menerapkan 5 (lima) dimensi kualitas pelayanan yang meliputi bukti fisik (tangibles), keandalan (reliability), daya tanggap (responsiveness), jaminan dan kepastian (assurance), serta empati (empathy). Untuk menjaga keamanan dari virus Corona (Covid-19), pemilik salon selalu menyuruh pelanggan mencuci tangan dahulu, menyemprot tangan dengan handsanitizer, dan selalu menggunakan masker ketika melayani pelanggan. (3) Sedangkan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan, pemilik salon menerapkan menyenangkan konsumen, harga atau nilai, pengalaman konsumen, dan atribut produk yang dapat dicatat. (4) Faktor-faktor yang menjadi keunggulan Azzahrah Beauty Center Tulangan Sidoarjo dibandingkan dengan salon kecantikan lainnya antara lain faktor kualitas pelayanan, faktor harga, dan faktor kenyamanan. Kata Kunci: Salon Kecantikan, Kualitas Pelayanan, Loyalitas Pelanggan, Persaingan Bisnis

Item Type: Skripsi
Subjects: Ekonomi > Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: 17402163051 VALENTIN NAVILASARI
Date Deposited: 23 Oct 2020 01:54
Last Modified: 23 Oct 2020 01:54
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item