PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN JAWABAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PESERTA DIDIK KELAS IV MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2013/2014

SULISTIONINGSIH, EMI (2015) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN INDEX CARD MATCH (MENCARI PASANGAN JAWABAN) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI OPERASI HITUNG CAMPURAN PESERTA DIDIK KELAS IV MI JATI SALAM GOMBANG PAKEL TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2013/2014. [ Skripsi ]

[img] Text
BAB I REVISI.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB II REVISI.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB III REVISI.pdf

Download (254kB)
[img]
Preview
Text
BAB V REVISI.pdf

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV REVISI.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Emi Sulistioningsih (2014). Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Jawaban) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Operasi Hitung Campuran Peserta Didik IV MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014. PGMI IAIN TULUNGAGUNG. Pembimbing : Dr. Mohamad Jazeri, S. Ag., M. Pd. Kata Kunci : Metode Index Card Match (Mencari Pasangan Jawaban), Hasil Belajar Dalam proses pembelajaran guru harus kreatif dan bisa menciptakan metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Seorang siswa akan lebih mudah menerima materi yang diajarkan oleh guru jika mereka merasakan kesenangan melalui sebuah permainan-permainan tertentu ketika menjalankan proses pembelajaran di kelas. Dengan Metode pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Jawaban) ini akan menambahkan di mensi kegembiraan yang di peroleh dari penggunaan permainan. Teman satu tim akan saling membantu dalam mempersiapkan diri untuk permainan dengan mempelajari lembar kegiatan dan menjelaskan masalah-masalah satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: 1) Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan jawaban) pada mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran pada peserta didik kelas IV MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014?, 2) Apakah penggunaan pembelajaran Index Card Match (mencari pasangan jawaban) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV MI Jati Salam Gombang pada mata pelajaran Matematika materi Operasi Hitung Campuran.Metode Pengumpulan Data dalam Penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, dokumentasi, dan Catatan Lapangan.Analisis data yang di gunakan mencakup reduksi data, paparan data, dan penyimpulan data.Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi siswa minimal mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya di capai, dengan nilai KKM 75. Penerapan Metode Pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Jawaban) ini yaitu langkah awal guru menyampaikan materi, guru membagi siswa ke dalam kelompok yang heterogen, guru mempersiapkan potongan-potongan kertas sebanyak siswa dalam kelas yang akan di ajar, potongan-potongan kertas tersebut dibagi menjadi dua bagian yang sama,pada separuh bagian di tulis pertanyaan tentang materi yang di ajarkan. Pada separuh bagian yang lain di tulis jawaban dari pertanyaan-pertanyaan yang telah di buat. Potongan tersebut di tempel di kertas menjadi lembar diskusi. Lembar diskusi tersebut di bagikan kepada tiap kelompok, Guru meminta siswa untuk berdiskusi. Guru meminta perwakilan kelompok untuk menempel hasil diskusi yang sesuai jawaban yang sebelumnya di tempel guru dan guru meminta siswa mempresentasikan . Guru memberi umpan balik. Guru meminta siswa untuk duduk dalam kelompok sesuai kemampuan akademik. Guru membagikan soal Games Index Card Match. Guru menjelaskan aturan main Games Index Card Match. Pelaksanaan Games Index Card Match. Penghitungan Skor. Pengumuman juara kelompok. Guru memberikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dari hasil Pre Test, Post Test Siklus I, Post Test Siklus II. Dengan nilai rata-rata Pre Test 67,70 (32%), Post Test Siklus I 71 (64%), Post Test Siklus II 83 (92%). Maka dapat di simpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Index Card Match (Mencari Pasangan Jawaban) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas IV MI Jati Salam Gombang Pakel Tulungagung Tahun Ajaran 2013/2014.

Item Type: Skripsi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI
Depositing User: EMI SULISTIO NINGSIH
Date Deposited: 05 Aug 2015 05:55
Last Modified: 05 Aug 2015 05:55
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/1705

Actions (login required)

View Item View Item