FIRDA FITROTUL UYUN, 17205163172 (2020) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BAHASA JAWA PESERTA DIDIK DI MI HIDAYATUL ULUM NGLEGOK BLITAR TAHUN AJARAN 2019/2020. [ Skripsi ]
|
Text
COVER.pdf Download (612kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (350kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (402kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (211kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (892kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
BAB VI.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (230kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Skripsi dengan judul “Strategi Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Jawa di MI Hidayatul Ulum Dayu” ini ditulis oleh Firda Fitrotu Uyun, NIM. 17205163172, pembimbing Dr. Mohaad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Kata kunci: Strategi Guru, Hasil Belajar, Bahasa Jawa Penelitian ini dilakukan di MI Hidayatul Ulum Dayu yang merupakan Madrasah Ibtidaiyah, yang berada di wilayah Nglegok kabupaten Blitar, yang terbilang cukup baik. penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran bahasa jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal, bagian dari kebudayaan nasional, dalam melestarikannya dengan memasukkan mata pelajaran bahasa jawa kedalam dunia pendidikan. Banyak siswa yang mengangap pelajaran yang sulit, sulit dipelajari, kosa kata yang asing bagi siswa, tidak semua siswa memiliki hasil belajar sesuai dengan harapan, ada siswa yan tidak mengikuti pembelajaran bahasa jawa dengan baik mengakibatkan hasil belajarnya menurun karna malas untuk memperhatikan penjelasan guru, mempelajari materinya karna sulit dalam membaca dan memahami isi materi. sehingga guru juga harus mengubah menset siswa terkait anggapan tersebut, seorang guru harus membuat proses pembelajaran menarik, memiliki inovasi dalam setiap pertemuan, membuat suasana belajar yang mengesankan, menyenangkan, hal tersebut berkaitan dengan strategi guru dalam mengajar, karna strategi yang tepat, menarik, akan diminati oleh siswa, guru juga akan menjadi pusat perhatian siswa sehingga apa yang disampaikan kepada siswa akan diterima dengan baik, hal tersebut juga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa jawa di MI Hidayatul Ulum Dayu tahun ajaran 2019/2020? 2). Apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran bahasa jawa di MI Hidayatul Ulum Dayu tahun ajaran 2019/2020?. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran bahasa jawa di MI Hidayatul Ulum Dayu. 2) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam meningkatkan hasil belajar bahasa jawa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, maksudnya data yang dikumpulkan itu berupa kata-kata, gambar, bukan dari angka, sumber data utama (primer) guru bahasa jawa dan sumber kedua (sekunder) adalah siswa. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Dilanjutkan dengan analisis data menggunakan reduksi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan.Dari hasil penelitian penulis menemukan bahwa strategi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran Bahasa Jawa yaitu: (1) guru memberikan motivasi, menyiapkan siswa dalam menerima materi selanjutnya, (2) guru memberi evaluasi dan nilai kepada siswa, (3) guru memberi pujian kepada siswa yang berprestasi, (4) guru menciptakan suasana belajar yang menyenangkan (bernyanyi dan ice breaking), (5) guru membangun kerjasama, dan komunikasi yang baik dengan orang tua,. Dalam menentukan strategi pembelajaran guru menyesuaikan dengan karakteristik siswa, model pembelajaran yang meningkatkan keaktifan siswa, diharapkan siswa tidak mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran dikelas, sehingga hasil belajarnya juga maksimal. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: (1) kurangnya minat siswa terhadap mata pelajaran bahasa jawa, (2) anggapan siswa bahwa mata pelajaran Bahasa Jawa adalah pelajaran yang sulit, (3) kurangnya minat siswa untuk berlatih membaca dan menulis Bahasa Jawa, (4) pengaruh dari teman sebaya, (5) kurangnya perhatian dan kasih sayang dari orang tua. Faktor pendukung dalam meningkatkan hasil belajar siswa selain dari guru, lembaga juga memberikan dukungan seperti: (1) membiasakan kepada seluruh siswa untuk menggunakan bahasa jawa kromo dalam berkomunikasi, (2) terdapat buku penghubung orang tua dan guru, (3) ekstrakurikuler pidato Bahasa jawa, (4) bernyanyi tembang Jawa,
Item Type: | Skripsi |
---|---|
Subjects: | Agama Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | 17205163172 FIRDA FITROTUL UYUN |
Date Deposited: | 26 Oct 2020 01:52 |
Last Modified: | 26 Oct 2020 01:52 |
URI: | http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17061 |
Actions (login required)
View Item |