HUBUNGAN ANTARA PEMBIASAAN MEMBACA AL QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN DENGAN KECERDASAN PESERTA DIDIK DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG

ARDHIA NANA PRAMESTI, 17201163077 (2020) HUBUNGAN ANTARA PEMBIASAAN MEMBACA AL QUR’AN SEBELUM PEMBELAJARAN DENGAN KECERDASAN PESERTA DIDIK DI MTs AL-HUDA BANDUNG TULUNGAGUNG. [ Skripsi ]

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (859kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (580kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (898kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (922kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (920kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (555kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (442kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (551kB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi dengan judul “Hubungan antara Pembiasaan Membaca Al qur’an Sebelum Pembelajaran dengan Kecerdasan Peserta Didik di MTs Al Huda Bandung Tulungagung” ini ditulis oleh Ardhia Nana Pramesti, NIM. 17201163077, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Jurusan Pendidikan Agama Islam, IAIN Tulungagung, pembimbing Dr. H. Nursamsu, S.Pd.I, M.Pd. Kata Kunci: Pembiasaan Membaca Al-qur’an ,Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Emosional. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya perhatian peserta didik terhadap pentingnya membaca Al-qur’an, sehingga kecerdasan peserta didik seperti kecerdasan intelektual ,kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosionalnya belum terjamah dengan baik, akibatnya terjadi penurunan kefokusan belajar, terjadi penyimpangan-penyimpangan pada diri mereka sendiri seperti depresi, kurangnya motivasi, hampa harga diri, dan lain-lain. Sebuah teori menyatakan bahwa Al qur’an adalah peyembuh bagi penyakit jiwa dan dapat menjernihkan pikiran dan meningkatan tingkat kefokusan. Seseorang yang sedang mengalami masalah, stress, tidak bisa berfikir dan memiliki hati yang gundah maka dibutuhkan cara menenangkan yaitu salah satunya dengan membaca Al-qur’an. Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah (1) Adakah hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan intelektual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (2) Adakah hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? (3) Adakah hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan intelektual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (2) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. (3) Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara pembiasaan membaca Al-Qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas VIII MTs Al-Huda Bandung Tulungagung sejumlah 102 peserta didik, kemudian diambil sampel dengan menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 78 siswa. Tehnik analisis data yangdipakai untuk menguji hipotesis adalah tehnik analisis korelasi pearson product moment dengan menggunakan SPSS For Windows 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Ada hubungan yang posistifantara pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan intelektual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0.488 dengan menunjukkan kekuatan hubungan cukup atau sedang. (2) Ada hubungan yang positif antara pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan spiritual peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0.609 dengan menunjukkan kekuatan hubungan kuat.(3) Ada hubungan yang positif antara pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pembelajaran dengan kecerdasan emosional peserta didik di MTs Al-Huda Bandung Tulungagung yang dibuktikan dengan rhasil = 0.476 dengan menunjukkan kekuatan hubungan cukup atau sedang. Jadi dapat disimpulakan bahwa tinggi rendahnya pembiasaan membaca al qur’an sebelum pembelajaran mempunyai hubungan dengan kecerdasan peserta didik yang meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional. Dengan kata lain, jika pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pembelajaran tinggi, maka kecerdasan peserta didik yang meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional juga tinggi atau baik, sebaliknya jika pembiasaan membaca al-qur’an sebelum pembelajaran rendah, maka kecerdasan peserta didik yang meliputi kecerdasan intelektual, kecerdasan spiritual dan kecerdasan emosional peserta didik juga rendah.

Item Type: Skripsi
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: 17201163077 ARDHIA NANA PRAMESTI
Date Deposited: 26 Oct 2020 07:41
Last Modified: 26 Oct 2020 07:41
URI: http://repo.uinsatu.ac.id/id/eprint/17064

Actions (login required)

View Item View Item